Kepala MTsN 1 Hadiri Bimtek PPDBM Tingkat Provinsi

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dalam upaya mengoptimalkan pemanfaatan aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah (PPDBM) secara online, Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah (PPDBM) online Tahun Pelajaran 2024/2025, di Hotel M-Regency Makassar, baru-baru ini.

Kegiatan tersebut diikuti ratusan peserta termasuk Kepala MTs Negeri 1 Kabupaten Bulukumba, Muhammad Asdar didampingi operator PPDBM MTsN 1 Bulukumba, Jalaluddin.

Muhammad Asdar mengatakan pendaftaran siswa merupakan salah satu proses yang penting dalam dunia pendidikan. Proses ini melibatkan banyak administrasi dan dapat menjadi rumit jika tidak diatur dengan baik. Namun, dengan kemajuan teknologi, banyak sekolah telah beralih ke penggunaan aplikasi PPDBM Online untuk mempermudah proses pendaftaran.

"PPDB Madrasah adalah sebuah aplikasi gratis persembahan dari Direktorat KSKK Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia untuk seluruh Madrasah seluruh Indonesia. Ini adalah salah satu dari tujuh program priotas Kementerian Agama yaitu transformasi digital madrasah, sehingga dalam menyambut tahun pelajaran baru dan penerimaan peserta didik baru," ungkapnya.

Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kabid Pendidikan Madrasah, H. Muhammad Tonang.

Dikesempatan tersebut ia enyampaikan pada tahun lalu masih banyak di antara madrasah yang belum menginput data peserta didik baru secara online.

"Kami berharap kita senantiasa mendorong peningkatan transformasi layanan digital di lingkup Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan. Begitu juga kami mengharapkan setiap Kabupaten/Kota minimal ada satu perwakilan di setiap tingkatan untuk membranding dirinya sebagai madrasah berbasis digital,” ungkapnya.

Lebih lanjut Muhammad Asdar menuturkan pada kegiatan itu juga diberikan penjelasan dan praktek secara langsung langkah-langkah PPDBM online tersebut dimulai dengan login admin sampai pada proses pendaftaran peserta didik baru.

"Dengan adanya Bimtek ini kami mengharapkan PPDBM online tahun pelajaran baru 2024/2025 ini dapat berjalan lancar dan mencapai progress 100 persen tanpa kendala yang berarti," harapnya. (sum/has/B)

Penulis: SUMEditor: HASWANDI ASHARI
  • Bagikan