ITSBM Selayar Target Cetak Enterpreneur Berdaya Saing

  • Bagikan

SELAYAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID - Program Studi Kewirausahaan Institut Teknologi Sains dan Bisnis Muhammadiyah (ITSBM) Selayar, menargetkan akan mulai mencetak para Enterpreneur muda berdaya saing pada 2027 mendatang.

Hal tersebut, bahwa sejak alumni pertama dinyatakan telah menyelesaikan Jenjang S1nya di Prodi Kewirausahaan ini, berarti mereka telah siap dengan jiwa entrepreneurship dalam dirinya yang siap hadir dan menjawab tantangan di Masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Sukarman, salah seorang Dosen tetap, Prodi Kewirausahaan ITSBM Selayar, kepada Selayarnews, Selasa (14/05).

Dijelaskan, target tersebut diharapkan menjadi output dari program kewirausahaan berkelanjutan berbasis digital, islami dan berkemajuan yang diusung saat ini dalam proses pembelajaran Prodi Kewirausahaan.

Dalam wawancara ini, terungkap tantangan ke depan yang akan dihadapi generasi khususnya di Kabupaten Kepulauan Selayar. Salah satunya bahwa Pemerintah diprediksi akan terus menekan jumlah formasi penerimaan ASN yang selama ini banyak diminati lulusan perguruan tinggi.

Pada Tahun 2024 ini, Pemkab Selayar hanya mampu mengusulkanu Kuota ASN sebanyak 130 orang dan diprediksi pada Tahun-tahun yang akan datang akan terus ditekan mengingat beban APBD yang kian mencekik, dimana saat ini, beban belanja Pegawai sudah hampir mendekati setengah Alokasi Belanja Daerah.

Fakta ini harus disikapi oleh generasi muda dengan mempersiapkan diri, dan salah satu jawabannya adalah memiliki jiwa dan kemampuan entrepreneurship yang berdaya saing.

“ Di Tahun 2027 nanti, Alumni Prodi Kewirausahaan kita harapkan memiliki daya saing yang tinggi termasuk bersaing dengan Alumni dari Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia. Mereka akan memiliki talenta-talenta enterpreneur, yang selain dapat memberikan sumbangsih pemikiran, juga secara praktis dapat membuka peluang-peluang kerja, peluang-peluang usaha, khususnya di Kabupaten Kepulauan Selayar” tutur Sukarman.

Ditopang dengan mata kuliah wajib seperti Manajemen kewirausahaan, Manajemen Keuangan, Manajemen Strategi dan Manajemen Sumberdaya Manusia, serta dengan program-program dan kaderisasi pendukung lainnya, diharapkan talenta entrepreneurship itu akan melekat pada diri Mahasiswa.

“ Jadi kami melakukan pembinaan sejak dini, sehingga jiwa kemandirian Mahasiswa dapat tumbuh, sehingga nanti jika selesai tidak menjadi pengangguran dan bahkan bisa membuka usaha sendiri. Kami juga saat ini sementara mempersiapkan program klinik Bisnis kerjasama dengan IAIN Alauddin Makassar, beberapa Mahasiswa kita sudah siapkan ada beberapa titik dan kita tinggal tunggu launchingnya. “ tambah Sukarman.

Klini Bisnis ini akan menjadi tempat praktek dan belajar secara langsung bagi Mahasiswa untuk bagaimana membuat produk yang berkualitas, branding produk, pemasaran, serta menjawab berbagai tantangan lainnya

Selain itu ITSBM Selayar sendiri kata Sukarman, telah menjalin kerjasama dengan sejumlah Perusahaan yang sebagian besar milik orang Selayar, yang siap mempekerjakan Mahasiswa jika selesai khususnya mereka yang berprestasi.

Terakhir, ia menjelaskan bahwa program studi kewirausahaan ini cukup relevan dengan potensi Sumber daya alam yang dimiliki Kepulauan Selayar dan membutuhkan SDM yang mampu melakukan pengelolaan dan pengembangan.

Olehnya itu ia pun mengajak agar lulusan-lulusan SMA/SMK, Aliyah sederajat, khususnya yang bercita-cita ingin menjadi wirausahawan, untuk tidak perlu lagi jauh-jauh berkuliah.

Ia mengatakan, yang paling pasti dan sudah sangat sesuai dengan prinsip ekonomi bahwa Kuliah di ITSBM Selayar tentu dengan lebih menghemat biaya ketimbang harus ke Makassar atau daerah lain di Indonesia.

“ ITSBM Selayar telah hadir dengan kualitas yang mumpuni, dan juga ditunjang dengan dosen-dosen bukan hanya dari Selayar tetapi juga dari Makassar, Gorontalo, Palu, Ciamis, Raha dan daerah lainnya, termasuk Dosen Praktisi yang sudah memiliki pengalaman langsung dalam berwirausaha.” tutupnya. (*)

  • Bagikan