Kisah Andi Sultan Daeng Radja akan Difilmkan

  • Bagikan
H Andi Sultan Daeng Radja, Pahlawan Nasional asal Kabupaten Bulukumba

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kisah pahlawan nasional, H Andi Sultan Daeng Radja akan segera difilmkan. Film akan diproduksi Noverik Aulia Visual, rumah film yang banyak memfilmkan perjuangan tokoh nasional.

Produser film Sultan Daeng Radja, Hary mengatakan, pihaknya akan mulai jalan Agustus 2024 ini. Dimulai dengan dilakukan riset dari para narasumber, membuat serta membedah skrip.

Untuk membuat film, Hary mengaku nantinya akan membutuhkan pemain yang sangat banyak. Itu mengingat film akan dibuat secara kolosal dengan menampilkan perjuangan Sultan Daeng Radja bersama warga merebut kemerdekaan dari tanah Bulukumba.

"Sekitar 200 pemain kita butuhkan. Setelah skrip selesai kita akan buka casting film yang pemerannya  mengutamakan talen Bulukumba yang memiliki bakat," kata Hary.

Hary mengaku tertarik memfilmkan sosok Sultan Daeng Radja karena merupakan tokoh penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Andi Sultan merupakan putra daerah yang berperan aktif dalam melawan penjajah di tanah Butta Panrita Lopi. Bersama Dr Ratulangi dan Andi Pangareng Pettarani, Andi Sultan Daeng Radja, diutus sebagai wakil Sulawesi Selatan mengikuti rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) di Jakarta.

" Yang pasti akan seru, karena kita akan kupas tuntas sosok beliau," katanya.

Untuk membuat film nantinya, beberapa pemeran akan diterbangkan ke bebrapa daerah, termasuk ke Manado tempat Sultan Daeng Radja diasingkan karena dianggap dalang pemberotakan oleh kolonial.

Namun penangkapan Sultan Daeng Radja bukanya melemahkan perjuangan rakyat malah semakin menggelora dan terbentuknya Pemberontak Bulukumba Angkatan Rakyat (PBAR).

Andi Sofian Mauragawali, cucu Sultan Daeng Radja mengaku setuju jika perjuangan kakeknya itu di filmkan.

Itu, kata Andi Piang sapaan Andi Sofian, agar masyarakat tahu dan bisa mengenang jasa pahlawan yang bukan hanya perjuangan Andi Sultan Daeng Radja.

"Kita dukung, semoga segera terealisasi," harap Andi Piang. ****

  • Bagikan

Exit mobile version