Ayu Buktikan Manfaat Antrean Online Melalui Mobile Jkn

  • Bagikan
Foto: Sri Ayu Ningsih (24) menceritakan pengalamannya saat memanfaatkan antrean online melalui Aplikasi Mobile JKN. (mad)

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Salah satu Pegawai Bank Mandiri, Sri Ayu Ningsih (24) merasakan banyak manfaat dengan mengakses antrean online pada saat mengakses layanan kesehatan.

Ayu sapaan akrabnya mengungkapkan kepada bahwa pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan semakin mudah dan cepat. Ia menyebutkan bahwa di tengah rutinitasnya yang padat, ia bisa dengan mudah mengambil antrean melalui Aplikasi Mobile JKN.

“Sekarang ini, di tengah kesibukan, saya bisa mengambil nomor antrean tanpa harus berada di Puskesmas, saya cukup menggunakan aplikasi Mobile JKN,” Ujar Ayu.

Sebagai peserta JKN, Ayu merasa bersyukur karena dirinya tidak pernah mengalami kesulitan untuk mendapatkan akses pelayanan administrasi maupun pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan. Menurutnya, inovasi tersebut membuat pengalaman berobatnya menjadi lebih efektif dan efisien karena dapat memangkas waktu.

Ayu menyebutkan bahwa melalui fitur antrean online pada Aplikasi Mobile JKN, ia bisa melihat tampilan nomor antrean dan sisa antrean pada fasilitas kesehatan yang dituju, sehingga ia dapat memperkirakan waktu kedatangan ke puskesmas untuk memeriksakan dirinya.

“Di sini (Aplikasi Mobile JKN-red) sudah ada tampilan nomor antrean dan sisa antreanya juga, jadi saya bisa memperkirakan kapan saya akan ke Puskesmas supaya saya tidak lama menunggu. Kalau nomor antrean saya sudah dekat, baru saya menuju Puskesmas,” lanjut Ayu.

Di era digitalisasi ini, kemajuan teknologi yang semakin pesat memberi banyak manfaat bagi masyarakat, salah satunya dengan kemudahan akses pelayanan kesehatan. BPJS Kesehatan melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), terus berupaya untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, salah satu wujudnya adalah adanya Aplikasi Mobile JKN yang dapat dengan mudah diunduh melalui smartphone.

Selain fitur antrean online, ia juga mengapresiasi berbagai fitur lainnya yang terdapat pada aplikasi mobile JKN, ia mengatakan berbagai fitur layanan yang disediakan memudahkan baginya karena ia tidak perlu mendatangi kantor BPJS Kesehatan jika ingin melakukan proses administrasi.

“Aplikasi ini bagus sekali, selain pengambilan antrean online ternyata masih banyak sekali fitur yang bisa saya manfaatkan nantinya jika saya butuh. Melalui aplikasi ini saya merasa sangat dimudahkan sekali jika ingin mengurus kepesertaan saya. Saya tidak perlu lagi ke kantor BPJS Kesehatan, cukup melalui satu aplikasi semua bisa dilakukan,” ujar Ayu.

Selain itu, berbagai informasi ataupun keluhan bisa dengan mudah diakses melalui aplikasi Mobile JKN. Selain itu, ia menyatakan pada saat berobat tidak perlu mengeluarkan biaya lagi, karena semua biaya telah ditanggung oleh BPJS Kesehatan melalui Program JKN.

Aplikasi Mobile JKN memiliki berbagai fitur layanan yang dapat mempermudah bagi peserta JKN untuk memperoleh layanan kesehatan di faskes terdaftar. Fitur-fitur yang di sediakan oleh Aplikasi ini seperti Info Program JKN, Info Lokasi Faskes, Info Ketersediaan Tempat Tidur, Pendaftaran Peserta Baru, Pendaftaran Pelayanan (Antrean), Konsultasi Dokter, Info Jadwal Tindakan Operasi, Pengaduan Layanan JKN, Perubahan Data Peserta, Info Iuran, Pendaftaran Auto Debit, Info Riwayat Pembayaran, Skrining Riwayat Kesehatan, Info Virtual Account dan Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB).

“Selama berobat, saya juga tidak pernah mengeluarkan uang pada saat berobat karena semua telah di-cover penuh oleh BPJS Kesehatan dengan Program JKN,” ujar Ayu.

Besar harapan Ayu agar BPJS Kesehatan ke depannya tetap berkesinambungan dan memberikan banyak manfaat, terus menghadirkan berbagai inovasi demi memberikan pelayanan cepat, mudah dan setara bagi para peserta JKN. (mad/has/b)

  • Bagikan