Pertama Diadakan, Gelar Karya P5 SDN 171 Loka Sukses Terlaksana

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- UPT SPF SD Negeri 171 Loka Kabupaten Bulukumba, gelar karya P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan tema gaya hidup berkelanjutan topik Indahnya berkebun sayuran dan mengenal makanan sehat dan kearifan lokal topik mengenal tarian Nusantara dan permainan Tradisional, Sabtu 8 Juni 2024.

Panitia kegiatan yang juga guru SDN 171 Loka, Irman mengatakan kegiatan ini merupakan yang pertama kali digelar di SDN 171 Loka bertujuan memberikan kebebasan dan kemandirian pada peserta didik dalam menentukan pendidikan sesuai minat dan bakatnya dalam membangun karakter sesuai dalam profil pelajar pancasila.

"Juga untuk lebih mengenalkan kearifan lokal seperti tarian Nusantara dan Permainan tradisional. Karena sekarang ini anak lebih banyak bermain android sekarang ketimbang bermain dengan temannya dengan permainan tradisional ketika di lingkungan rumah yang tentu sangat jauh berbeda dengan jaman dulu," ungkapnya.

Ia juga menuturkan bahwa P5 dilaksanakan sesuai kurikulum merdeka. Tahun pelajaran 2023/2024 ini di laksanakan di kelas 1 fase A dan kelas 4 fase B. Di SDN 171 Loka tahun ajaran berikutnya target semua fase dan semua kelas.

"Kegiatan hari ini dihadiri oleh orangtua peserta didik dan sukses terlaksana atas kerja sama seluruh stakeholder dan orang tua siswa. Semoga peserta didik dapat tertanam dalam dirinya karakter baik khususnya berakhlak mulia, saling bergotong royong dan kemandirian dalam dirinya dan semoga pelaksanaan tahun ini bisa lebih ditingkatkan tahun berikutnya karena kegiatan hari merupakan langkah awal dan sekaligus bahan untuk refleksi untuk kegiatan berikutnya," jelasnya.

Sementara itu, Kepala SDN 171 Loka Muhammad Anshar menambahkan gelar karya P5 juga sebagai refleksi dari pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tujuan memberikan ruang bagi peserta didik untuk menunjukkan kreativitas dan inovasinya dalam menyelesaikan projek. Peserta didik juga belajar untuk bertanggung jawab atas projek dan bekerja secara mandiri untuk menyelesaikannya.

"Harapan kami dalam kegiatan yang sama dihari-hari yang akan datang dapat dilaksanakan dengan jauh lebih baik lebih siap dan lebih bermakna. Terima kasih atas kerja sama kekompakan semua teman-teman guru dan tendik, peserta didik dan dukungan serta kolabosi orang tua peserta didik yang luar biasa sehingga Gelar Karya P5 ini pertama kali dilaksanakan dan alhamdulillah sukses," harapnya. (sum/has/B)

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan