Gedung Kebudayaan Bulukumba Dibangun Tahun Ini

  • Bagikan
Pradesain Gedung Kebudayaan Bulukumba yang rencananya akan diintegrasikan dengan Gedung Pinisi

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Setelah sukses membangun Gedung Pinisi yang kini menjadi ikon baru di Kabupaten Bulukumba, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan kembali membangun Gedung Kebudayaan. Proyek tersebut akan mulai dikerjakan tahun 2024 ini.

Gedung Kebudayaan atau Gedung Satap 2 akan dibangun pas di seberang Gedung Pinisi yang saat ini merupakan bekas Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bulukumba.

Selain akan berfungsi sebagai perkantoran, Gedung Kebudayaan nantinya juga akan berfungsi sebagai tempat pagelaran serta terdapat ruang studio dan galeri.

Kalau sebelumnya Gedung Pinisi dibangun melalui pos anggaran di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Gedung Kebudayaan akan dibangun menggunakan pos anggaran di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bulukumba.

Kepala Disdikbud Bulukumba, Andi Buyung Saputra yang dikonfirmasi RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID mengungkapkan bahwa Gedung Kebudayaan Bulukumba akan mulai dikerjakan tahun 2024 ini.

Andi Buyung menjelaskan Gedung Kebudayaan akan dikerjakan secara bertahap. Pengerjaan tahap pertama yakni pembangunan struktur gedung dengan nilai anggaran kurang lebih 18 miliar rupiah.

"Sekarang tahapan pekerjaan perencanaan. (Pengerjaan) fisik dimulai setelah perencanaan selesai," ungkap Andi Buyung.

Pengerjaan fisik proyek tahap awal Gedung Kebudayaan ditargetkan mulai dikerjakan pada Agustus tahun ini.

Selain Satap 2 sejumlah proyek infrastruktur dibangun di Kabupaten Bulukumba tahun 2024 ini antara lain, Lanjutan Pasar Sentral, Lanjutan Pasar Tanete, Pasar Wisata Bira, dan Pantai Merpati.

Selanjutnya, Kantor Camat Rilau Ale, Kantor Camat Kindang, Sirkuit Balap Motor di Bira, Kelanjutan pengaspalan jalan Lemo-lemo - Bira.****

  • Bagikan