Bupati Jeneponto Meminta JICA Membantu Pengembangan BUMDes sebagai Pilar Pertumbuhan Ekonomi

  • Bagikan

Jeneponto, Radarselatan.co.id – Pj Bupati Jeneponto.Junaedi Bakri , menyampaika. kepada perwakilan Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk membantu dalam pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Langkah ini diambil untuk menjadikan BUMDes sebagai salah satu pilar utama pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Jeneponto, bersanding dengan koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)

Dalam pertemuan yang berlangsung pada hari Rabu di ruang Bappeda 12/6/2024 , Pj Bupati Jeneponto menekankan pentingnya peran BUMDes dalam memperkuat perekonomian lokal.

“BUMDes memiliki potensi besar untuk memberdayakan masyarakat desa dan meningkatkan kesejahteraan mereka. Dengan dukungan JICA, kami berharap BUMDes dapat berkembang lebih optimal dan menjadi motor penggerak ekonomi desa yang sejajar dengan koperasi dan UMKM,” ujar Edi sapaan Akrab Pj Bupati jeneponto

JICA, sebagai lembaga yang berfokus pada pembangunan internasional, diharapkan dapat memberikan berbagai bentuk bantuan teknis dan finansial untuk meningkatkan kapasitas BUMDes di Jeneponto.dan dari hasil pertemuan tersebut JICA akan membantu peningkatan kapasitas SDM Pengelola BUMDes dan UMKM untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat jeneponto. Pertemuan hari ini fokus pada FGD terkait desain pelatihan dan kurikulum yg akan dipakai dalam pelatihan agar betul2 busa bermanfaat bagi masyarakat

Kepala Bappeda Kab Jeneponto Alfian Affandi Syam menambahkan bahwa kerjasama ini diharapkan bisa mencakup pelatihan manajemen, akses ke teknologi, dan bantuan dalam pemasaran produk-produk lokal.
Selama ini, koperasi dan UMKM telah memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian Jeneponto. Namun, dengan pengembangan BUMDes yang lebih terstruktur dan profesional, Alfian Syam yakin bahwa ketiga pilar ekonomi ini dapat berkolaborasi untuk menciptakan sinergi yang kuat. “Kolaborasi antara BUMDes, koperasi, dan UMKM akan menciptakan ekosistem ekonomi yang lebih inklusif dan berkelanjutan,”ungkap Kepala Bappeda Kab Jeneponto

Kesempatan yang sama Pj Bupati jeneponto juga menyoroti keberhasilan beberapa BUMDes yang telah mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat desa melalui berbagai usaha kreatif dan inovatif. Dengan adanya dukungan dari JICA, diharapkan model kesuksesan ini dapat direplikasi dan diperluas ke seluruh desa di Jeneponto.

Perwakilan JICA yang hadir dalam pertemuan tersebut menyambut baik inisiatif ini dan menyatakan komitmen mereka untuk mendukung pengembangan BUMDes di Jeneponto. Mereka menilai bahwa penguatan ekonomi desa merupakan salah satu kunci untuk mencapai pembangunan berkelanjutan.

Rencana kerjasama ini diharapkan dapat segera terealisasi dalam beberapa bulan ke depan, dimulai dengan tahap asesmen kebutuhan dan potensi BUMDes di Jeneponto. Bupati berharap bahwa langkah ini akan membawa perubahan positif yang signifikan dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih merata di seluruh wilayah kabupaten.

Tentang JICA:

Japan International Cooperation Agency (JICA) adalah lembaga pemerintah Jepang yang bertujuan untuk mempromosikan kerjasama internasional dan pembangunan berkelanjutan melalui bantuan teknis dan finansial di berbagai negara.

Tentang BUMDes:

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa melalui penyertaan langsung dari kekayaan desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk kesejahteraan masyarakat desa.

Tentang Kabupaten Jeneponto:

Kabupaten Jeneponto adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Kabupaten ini memiliki potensi besar dalam sektor pertanian, perikanan, dan pariwisata yang terus dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian daerah. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version