Empat Jabatan Eseleon Dua Pemkab Bantaeng Diperebutkan

  • Bagikan

BANTAENG, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng membuka seleksi terbuka (selter) pengisian empat Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratam di eselon dua.

Posisi keempat jabatan melalui selter tersebut yakni, Kepala BKPSDM, Asisten I Bidang Pemerintahan serta dua jabatan staf ahli. 

“Jadi terhitung sejak tanggal 4 sampai 14 Juni 2024 atau selama 10 hari telah dibuka lelang untuk empat jabatan eselon dua,” ujar Kepala BKPSDM, Muh Dimiati Nongpa. 

Menurutnya, rencana selter tersebut telah lama dipersiapkan. Hanya saja Pemkab Bantaeng baru mendapatkan lampu hijau dari KASN dan Kemendagri untuk melakukan selter.

Selter ini didasarkan dengan terbitnya rekomendasi dari KASN pada 4 April 2024 dan surat Kemendagri pada 20 Mei 2024, untuk melakukan seleksi terbuka guna mengisi empat posisi jabatan yang lowong sesuai usulan Pemkab Bantaeng.

Dikatakan Dimiati, untuk setiap jabatan yang lowong setidaknya dapat diisi minimal tiga pendaftar untuk mengikuti seleksi yang memang layak menduduki jabatan eselon dua.

Ditanyakan terkait alasan dibuka sebelum pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantaeng. Dia menegaskan jika itu dilakukan diperkirakan akan menghambat pelayanan organisasi perangkat daerah (OPD) kepada masyarakat. 

“Jika menunggu pilkada selesai,” kata dia.

Sehingga lanjut kata Kepala BKPSDM Dimiati, berdasarkan Undang-undang Nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan gubernur, bupati, dan walikota boleh melantik pejabat pada tahun 2025 mendatang atau sekitar satu tahun kedepan. Sedangkan kekosongan jabatan tersebut mendesak untuk segera diisi. 

“Jadi kekosongan pejabat terjadi cukup lama dan dijabat plt. Tapi Alhamdulillah Pemkab Bantaeng telah mengantongi izin KASN dan Kemendagri terkait adanya tahapan pilkada namun tetap boleh melaksanakan seleksi terbuka,” jelasnya. (mad/has/B)

  • Bagikan

Exit mobile version