Dua Peserta Didik SMPN 9 Terima Penghargaan Sebagai Penulis Nasional

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Muhammad Mufaddal Muflihun dan Husnul Lathifa peserta didik SMP Negeri 9 Kabupaten Bulukumba terima penghargaan sebagai 50 besar penulis terpilih diantara 300 lebih penulis nasional dalam lomba Cipta Puisi tingkat nasional dengan tema "Rencana Allah Lebih Baik"

Selaku Pembina, Aisyah Rauf mengatakan dalam kegiatan ini peserta didiknya bersaing dengan penulis nasional hebat yang berlatar pendidikan S1, S2, dan bahkan S3. Pengumuman juara akan diumumkan pada tanggal 21 Juli 2024. 

"Tahapan kegiatan ini berawal dari kegiatan pembimbingan secara online melalui kegiatan ekstrakurikuler dengan nama KREMENSI SPENSEL. Program itu merekrut peserta didik yang memiliki minat, bakat, dan keinginan besar dalam berkarya jenis puisi pun tulisan lain. Mereka dituntun dalam hal bagaimana menulis yang baik, benar dan pesannya bisa sampai serta menyentuh hati penikmat karya sastra(puisi)," ungkapnya, Kamis 13 Juni 2024.

Lebih lanjut ia menuturkan pada kegiatan itu pun selalu dipersiapkan untuk mengikuti event tingkat kabupaten atau bahkan nasional. Nah ketika mereka telah dipersiapkan dengan baik, mereka diikutkan lomba cipta puisi nasional agar lebih memperkuat mental juara mereka. Bukan berarti berambisi jadi juara, tetapi minimal bisa jadi juara bagi diri mereka sendiri. Termasuk mengalahkan kurang percaya diri, pun mengepakkan sayap mereka melalui ajang nasional. 

"Alhamdulillah setelah melalui penggodokan karya, maka ikutlah pada lomba cipta puisi tingkat nasional melalui IG dengan sistem pengiriman karya online," tambahnya.

Menurutnya, kegiatan ini sangat luar biasa pengaruhnya bagi pengembangan potensi peserta didik, menambah kepercayaan diri mereka. Yang lebih utama adalah peningkatan literasi yang merupakan salah satu program unggulan di SMP Negeri 9, Bulukumba dalam kaitannya peningkatan mutu yang mengarah pada penciptaan pelajar pemikir dengan kekuatan sosok pembelajar sepanjang hayat.

"Pencapaian peserta didik bagi saya adalah hal yang luar biasa dan sangat pantas mendapat apresiasi karena pencapaian mereka bukan hal instan. Namun melalui usaha belajar dan terus belajar sehingga sampai ke titik ini. Namun bukan berarti akan berhenti sampai di sini, bahkan akan lebih menambah porsi belajarnya demi pengembangan potensi dan kekuatan yang lebih baik/keren. Mereka selalu memegang teguh kalimat motivasi yakni penulis yang baik adalah pembaca yang baik pula, membaca itu keren tetapi menulis itu lebih hebat," bebernya.

Ia berharap dari kegiatan ini, akan muncul atau lahir penulis-penulis muda berbakat yang akan terus menginspirasi bagi pelajar atau pemuda lain yang nantinya akan berkontribusi positif dalam dunia literasi dan pendidikan secara umum.

"Semua capaian yang telah diraih tidak terlepas dari dukungan penuh dari Bapak Abdul Azis, S.Pd., M.Pd selaku kepala SMP Negeri 9 Bulukumba sehingga berada pada titik yang membahagiakan dan sangat patut disyukuri," tuturnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 9 Bulukumba, Abdul Azis mengungkapkan Abdul Azis, Kepala SMPN 9 Bulukumba mengungkapkan kebanggaannya atas capaian yang diraih oleh peserta didiknya. 

"Bagi saya ini sangat luar biasa, karena mereka berani untuk mengikuti lomba yang pesertanya bukan dari peserta didik tetapi dari berbagai kalangan," bebernya.

Ditanya tentang dukungannya terhadap kegiatan tersebut, lebih lanjut Abdul Azis mengatakan, pihak sekolah berupaya semaksimal mungkin menfasilitasi kegiatan ini. Pada dasarnya Kremensi ini diperuntukkan untuk mengasah kemampuan menulis anak-anak agar lebih terarah, dan sebagai bentuk pembuktian mereka diikutkan lomba.

"Kami berharap dari kegiatan ini, akan muncul atau lahir penulis-penulis muda berbakat yang akan terus menginspirasi bagi pelajar/pemuda lain yang nantinya akan berkontribusi positif dalam dunia literasi dan pendidikan secara umum," tutupnya. (sum/has/B)

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan

Exit mobile version