Perkuat Literasi, UKM Seni Rebba Sipatokkong Hadirkan Pekan Literasi Kampus

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pendidikan merupakan ujung tombak bagi kemajuan peradaban suatu bangsa, dimana dalam proses pelaksanaannya tentulah tak lepas dari kegiatan yang meningkatkan minat literasi khususnya dikalangan mahasiswa. 

Sejalan dengan hal tersebut, UKM Seni Rebba Sipatokkong STAI Al-Gazali Bulukumba melaksanakan kegiatan Pekan Literasi Kampus dengan tujuan meningkatkan minat baca dikalangan mahasiswa dan masyarakat, juga sebagai bentuk implementasi Budaya Literasi yang mampu membawa perubahan terhadap pembangunan peradaban menuju masyarakat yang madani.

Kegiatan yang dilaksanakan di Halaman Kampus STAI Al-Gazali Bulukumba selama satu bulan mulai sejak 6 Juni hingga 6 Juli 2024 tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa Al-Gazali saja, tapi beberapa dari perguruan tinggi lain, peserta didik SMA, para pegiat literasi dan masyarakat umum pun berkunjung untuk membaca dan mewarnai suasana pada hari pertama kegiatan.

Para pegiat literasi yang berkunjung sangat antusias dengan adanya kegiatan ini, karena bisa mengisi waktu senggang dengan kegiatan yang positif seperti membaca buku, sharing session, menyaksikan live music dan panggung ekspresi. Ditambah, ketika selesai membaca, panitia menyuguhkan beberapa hiburan sebagai bentuk apresiasi karena sudah ikut berpartisipasi. 

Ketua UKM Seni, Khaerul Mubarak, berharap dengan adanya kegiatan ini menjadi langkah awal dalam menyalakan api-api literasi di kampus sehingga bisa meningkatkan minat literasi dan kreatifitas mahasiswa yang sudah hampir pudar di era teknologi digital seperti saat ini.

"Dengan beragam kegiatan yang dilaksanakan selama satu bulan nanti, semoga dapat bermanfaat dan menghibur para pengunjung sehingga menjadikan Pekan Literasi Kampus sebagai salah satu media pengembangan minat baca dan kreatifitas mahasiswa," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua STAI Al-Gazali Bulukumba, H. Irman Syah, menyampaikan harapannya bahwa dengan keberadaan Pekan Literasi kampus ini dapat memberi arti di masyarakat sekitar, juga signifikan dalam membuka ruang yang lebih jauh untuk literasi kepada mahasiswa dan masyarakat, serta lebih banyak mengambil peran sosial di tengah kondisi percepatan teknologi ini. 

"Kedepannya UKM Seni sudah merancang Visi untuk ikut andil dalam dunia digitalisasi yang lebih kreatif," tutupnya. (sum/has/B)

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan

Exit mobile version