Caleg Terpilih PAN Wafat Sebelum Dilantik, Ini Penjelasan KPU soal Penggatinya

  • Bagikan
H Rusdi, Caleg PAN terpilih yang wafat sebelum dilantik

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kabar duka datang dari Partai Amanat Nasional (PAN) Bulukumba. H. Muh. Rusdi, anggota DPRD terpilih dari dapil 3 Bulukumba, meninggal dunia. Kepergiannya meninggalkan duka mendalam bagi keluarga, rekan, dan masyarakat yang mengenalnya.

Dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, H. Rusdi berhasil meraih 1.812 suara di dapil 3 Bulukumba, yang mengantarkannya menjadi anggota DPRD Bulukumba terpilih untuk periode 2024-2029.

Namun, nasib berkata lain, H. Rusdi lebih dahulu dipanggil oleh Sang Pencipta, sehingga posisinya harus diganti oleh calon legislatif (Caleg) PAN lainnya di dapil 3.

Ketua KPU Bulukumba, Asbar Akib, menjelaskan bahwa sesuai dengan PKPU 6 Tahun 2024 tentang penetapan pasangan calon terpilih, perolehan kursi, dan penetapan calon terpilih dalam pemilihan umum, pada Pasal 48 ayat 1 huruf A diatur bahwa penggantian calon terpilih anggota DPRD dilakukan apabila calon meninggal dunia.

Sementara itu, pada ayat 5 Pasal 48 disebutkan bahwa KPU kabupaten/kota mengganti calon anggota DPRD yang meninggal dengan calon dari Partai Politik (Parpol) yang memperoleh suara terbanyak berikutnya di dapilnya.

Berdasarkan penetapan KPU, suara terbanyak di Caleg PAN terpilih di dapil 3 setelah H. Rusdi adalah Abdul Samad yang memperoleh 1.128 suara figur.

"Terkait bagaimana prosedur penggantiannya, kami masih menunggu petunjuk teknisnya," ujar Asbar Akib singkat.

Seluruh keluarga besar PAN dan masyarakat Bulukumba turut berduka cita atas kepergian H. Rusdi.

Sekretaris PAN Bulukumba, Khalid Saifullah menyampaikan belasungkawa yang mendalam dan berharap agar keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi cobaan ini.

"Kami semua merasa sangat kehilangan. H. Rusdi adalah sosok yang rendah hati dan berdedikasi tinggi dalam menjalankan tugasnya. Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT," ungkap Saifullah.

Terkait penggantian H. Rusdi menurut Saifullah itu belum akan dibahas, namun untuk saat ini keluarga PAN masih dalam keadaan berduka.

Namun siapapun yang akan menggantikan H Rusdi diharapkan bisa melanjutkan tugas serta perjuangan almarhum untuk masyarakat Bulukumba.****

  • Bagikan