Sosok Brigadir Imran Putra Kelahiran Makassar serta Anggota Polri yang Jadi Wisudawan Terbaik Program Pascasarjana Universitas Paramadina

  • Bagikan

JAKARTA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Prosesi Wisuda Universitas Paramadina ke-40 kali ini cukup spesial. Pasalnya, salah satu anggota Polri menjadi Wisudawan Terbaik pada Program Pascasarjana. Brigadir Imran lulus dengan predikat summa cumlaude dan durasi studi tercepat.

Brigadir Imran Novrin Ruslim atau biasa disapa Brigadir Imran berhasil lulus dari Program Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dengan IPK sempurna 4.00. Ia memulai perkuliahan pada tahun 2022 dan berhasil lulus dalam waktu 1 tahun 4 bulan 19 hari. Durasi studi ini menjadi yang tercepat dari ratusan wisudawan yang dikukuhkan oleh Rektor Universitas Paramadina.

Penilaian menjadi wisudawan terbaik bukan hanya berdasarkan IPK dan waktu studi saja, namun Universitas Paramadina juga mempertimbangkan berbagai publikasi yang dihasilkan dan kegiatan sosial yang diikuti oleh para lulusan. Brigadir Imran diketahui telah menerbitkan jurnal internasional dan nasional serta acap kali berkontribusi dalam kegiatan masyarakat yang berdampak sosial.

Prosesi Wisuda ke-40 Universitas Paramadina ini juga dihadiri oleh Dr. (HC) Jusuf Kalla, Ketua Dewan Pembina Universitas Paramadina. Menurutnya, selama belajar di kampus, mahasiswa diuji oleh dosen. Selepas itu, sambungnya, ilmu yang diperoleh di universitas akan diuji oleh dunia kerja dan masyarakat. Ilmu yang diperoleh dari universitas tersebut harus memberi manfaat bagi semua.

*Kontribusi Sosial dan Kegiatan Ekstrakurikuler Brigadir Imran*

Selain prestasi akademik yang mengagumkan, Brigadir Imran juga dikenal aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan pendidikan.

Beberapa kegiatan yang telah dijalaninya antara lain:

- *Kelas Inspirasi Makassar*

- *Satu Jam Seribu Mimpi*

- *Volunteer Tenaga Pengajar Bahasa Inggris*

- *Peran di Polri dan Pengembangan Profesional*

Sebagai anggota Polri yang berdinas di Divisi Hubungan Internasional, Brigadir Imran memiliki peran penting dalam menjalin hubungan dan kerjasama dengan kepolisian internasional serta berbagai lembaga terkait di luar negeri. Pengalaman dan ilmu yang diperoleh selama menempuh studi Magister Manajemen dengan fokus kajian SDM di Universitas Paramadina diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalismenya dalam menjalankan tugas-tugas tersebut.

Dr. Iyus Wiadi, MPA, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Paramadina, menyampaikan rasa bangga dengan pencapaian Brigadir Imran Novrin Ruslim. 

"Prestasi akademik dan kontribusi sosialnya menunjukkan bahwa ia adalah salah satu contoh teladan bagi mahasiswa lainnya. Kami berharap ia terus berprestasi dan menginspirasi lebih banyak orang melalui kiprah profesionalnya di Polri dan kegiatan sosialnya," ungkapnya.

Dalam sambutannya seusai mengumumkan Wisudawan terbaik, Rektor Universitas Paramadina, Prof. Dr. Didik J. Rachbini, menyampaikan pesannya agar para wisudawan harus bisa menggunakan imunya sebaik mungkin.

"Dan tidak kalah penting adalah memanfaatkan ilmu kalian di masyarakat untuk kebaikan orang-orang sekitar," pesannya.

Brigadir Imran berhasil menjalani studi di tengah segudang kesibukannya berdinas di Mabes Polri. Bahkan ia juga harus aktif mengikuti berbagai kegiatan internasional seperti SOMTC dan AMMTC 2023 dan ikut serta dalam melakukan pengamanan rangkaian Pemilihan Umum 2024 di luar negeri.

Brigadir Imran menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya. "Saya sangat berterima kasih kepada keluarga, rekan-rekan, para senior dan Komandan di Polri, serta dosen di Universitas Paramadina yang telah mendukung saya selama ini. Pengalaman belajar di sini sangat berharga dan akan saya manfaatkan untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan institusi tempat saya bertugas," ujarnya.

Keberhasilan Brigadir Imran Novrin Ruslim tidak hanya membanggakan dirinya dan keluarganya, tetapi juga institusi Polri dan Universitas Paramadina. Prestasinya menjadi inspirasi bagi rekan-rekan sejawat dan mahasiswa lainnya untuk terus berusaha mencapai yang terbaik dalam segala bidang. (*)

Profil:

Nama : Imran Novrin Ruslim, Ttl : Makassar, 21 November 1994

Tempat dinas: Divisi Hubungan Internasional Polri

  • Bagikan