Terapkan PHBS, SDN 6 Kasuara Siapkan Alat Cuci Tangan

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dalam rangka menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), SD Negeri 6 Kasuara Kabupaten Bulukumba, siapkan alat cuci tangan didepan setiap ruang kelas.

Kepala SDN 6 Kasuara Kabupaten Bulukumba, Hj. Roslinah mengatakan mencuci tangan termasuk dalam perilaku hidup bersih yang sederhana namun efektif mencegah penyakit. Kebiasaan sehat ini harus dimulai diajarkan sejak usia dini. Anak-anak dapat menjadi agen perubahan yang efektif, termasuk kebiasaan sehat. 

"Karena itu tersedianya fasilitas cuci tangan di sekolah memiliki peran yang sangat baik. Alhamdulillah di SDN 6 Kasuara Bulukumba setiap ruangan kelas didepan tersedia tempat cuci tangan yang dapat digunakan peserta didik," ungkapnya, Rabu, 19 Juni 2024.

Ia juga menjelaskan bahwa fasilitas cuci tangan di sekolah kini menjadi sarana yang wajib disediakan di sekolah. Agar peserta didik paham akan langkah-langkah mencuci tangan yang baik dan benar tentu pihak sekolah akan aktif memberikan pemahaman.

"Setidaknya terdapat ada enam gerakan wajib diantaranya adalah menggosokkan kedua tangan satu sama lain, menggosok telapak tangan dengan jari-jari yang saling bertautan, menggosok telapak tangan antara jemari dengan posisi saling mengunci, menggosok punggung tangan dengan jemari, menggosok ujung jari pada telapak tangan hingga mengenai kuku terkena sabun, dan terakhir memegang dan cuci ibu jari dengan posisi melingkar," jelasnya.

Pihaknya berharap dengan adanya penerapan ini, dapat mengajarkan peserta didik menjaga kesehatan diusia dini, dan dapat meningkatkan kesehatan yang tentu berdampak peningkatan proses belajarnya. (sum/has/B)

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan