Uji Kemahiran Bahasa Indonesia Peserta Didik, SMPN 37 Gelar UKBI

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Sebanyak 20 peserta didik SMP Negeri 37 Kabupaten Bulukumba, mengikuti Ujian Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) secara daring (online) berlangsung di Laboratorium Komputer Sekolah, Rabu, 19 Juni 2024.

Kepala SMP Negeri 37 Bulukumba, Darmawati mengatakan UKBI ini merupakan pengembangan dari Balai Bahasa yang dikemas dalam format tes. UKBI merupakan tes untuk mengukur kemahiran berbahasa penutur bahasa Indonesia yang didesain ujinya disesuaikan dengan estimasi kemampuan peserta uji, mulai dari kemahiran yang terendah hingga kemahiran yang tertinggi. 

"UKBI ini terlaksana bekerja sama dengan Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan dilaksanakan secara adaptif dalam waktu dan tempat yang sangat rileks untuk mengukur kemahiran berbahasa peserta didik," ungkapnya, Rabu 19 Juni 2024.

Menurutnya, setiap orang mampu berbahasa Indonesia. Namun belum tentu mahir berbahasa Indonesia hal tersebutlah yang menjadi alasannya perlunya diadakan UKBI.

"Adapun bentuk ujiannya yakni menyimak, membaca, berbicara dan menulis," tambahnya.

Darmawati mengharapkan dengan adanya UKBI ini maka kemahiran berbahasa peserta didik maupun guru semakin meningkat baik dalam penggunaan secara lisan maupun tertulis. 

"Kegiatan ini perlu dilakukan secara berkesinambungan mengingat pelaksanaan ujian ini sangat fleksibel dari waktu dan tempat dan yang paling menarik pelaksanaan UKBI untuk siswa bersifat gratis," tutupnya. (sum/has/B)

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan