Implementasi Kurikulum Merdeka, MTsN 1 Gelar P5P2RA 

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Kabupaten Bulukumba melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lilalamin (P5P2RA) tema Kearifan Lokal, berlangsung di Halaman Madrasah, Kamis, 20 Juni 2024.

Pameran Kearifan Lokal yang disaksikan seluruh warga madrasah menampilkan kerajinan gerabah dan makanan tradisional masyarakat Bontomacinna serta pagelaran tari tradisional.

Kepala MTsN 1 Bulukumba, Muhammad Asdar mengatakan kegiatan P5P2RA merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan bagi madrasah yang sudah menerapakan IKM. Adapun tahapan P5P2RA ini mulai dari sosialisasi, kontekstualisasi, aksi, dan refleksi. Dengan memberikan pemahaman jenis-jenis kearifan lokal Indonesia pada umumnya sampai kearifan lokal Kabupaten Bulukumba atau wilayah domisili.

"Gelar Karya P5P2RA merupakan kegiatan penutup akhir tahun pelajaran yang diberikan para siswa yang telah berhasil menyelesaikan proyek atau karya nyata, seperti penelitian, pengembangan produk, proyek sosial, atau seni, sebagai bagian dari implementasi Kurikulum Merdeka," ungkapnya, Kamis, 20 Juni 2024.

Muhammad Asdar menuturkan pada kurikulum merdeka ada projek yang dikenal dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin (P2RA). Dengan projek tersebut diharapkan dapat membentuk karakter dan kepribadian peserta didik sesuai dengan nilai-nilai pancasila, pembentukan karakter tersebut melalui gelar karya dan budaya.

"Semoga dengan adanya P5P2RA Tema 3 Kearifan Lokal para peserta didik mendapatkan nilai berkebinekaan global, kreatif, toleran, dan mencintai budaya bangsa. Amin," tutupnya. (sum/has/B)

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan