Gelar Karya P5 SMAN 4 Usung Tema Stop Bullying

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMA Negeri 4 Kabupaten Bulukumba dengan tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya" (Stop Bullying) sukses terlaksana, Kamis 20 Juni 2024 lalu.

Gelar karya tersebut disaksikan langsung Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Bantaeng, Bulukumba, dan Siinjai Drs. Samsurijal,M.Si serta puluhan Kepala SMA/sederajat, SMP sederajat Ketua OSIS se-Kecamatan Bonto Tiro, Bonto Bahari serta Komite, orangtua peserta didik.

Ketua Panitia yang juga Pembina OSIS SMAN 4 Bulukumba, Muh. Ikbal mengatakan kegiatan ini merupakan implementasi dari kurikulum merdeka. P5 merupakan kegiatan kokurikuler yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan, mengembangkan keterampilan.

"Kebetulan tema yang kami ambil adalah bangunlah jiwa dan raga sub temanya yaitu stop bulying, jadi peserta memamerkan drama, video dan iklan serta poster-poster tentang anti bulying atau anti perundungan," ungkapnya.

Ia juga menjelaskan sebelumnya yang belum sempat digelar karyakan yaitu kearifan lokal sub temanya yaitu budi daya tanaman obat keluarga (TOGA) jadi para peserta memanerkan jenis tanaman toga yang sudah diolah menjadi minuman sehat. Kedua Gaya Hidup Berkelanjutan dengan temanya yaitu Pemanfaatan barang bekas yaitu limbah plastik, peserta memamerkan busana atau gaun-gaun yang di daur ulang dari bahan-bahan plastik .

"Tujuan dari kegiatan ini untuk menggali dan mengembangkan potensi peserta didik agar memahami ruang lingkup dan karakteristik pekerjaan sesuai program keahliannya, juga memberikan ruang bagi peserta untuk menunjukkan kreativitas dan inovasinya dalam menyelesaikan projek. Gelar karya P5 juga menjadi ajang kolaborasi antarsiswa, guru, dan orang tua," jelasnya.

Ia menuturkan rasa syukurnya kegiatan berjalan lancar dan bisa dibilang sukses, walaupun ada beberapa kekurangan di dalam pelaksanaanya. Ia berharap semoga gelar karya ini bisa bernilai positif bagi sekolah dan tentunya untuk orang tua atau wali siswa.

"Ini juga terlaksana berkat support dari Pegadaian Unit Bontobahari dan Yamaha Prospero Bulukumba. Harapan terbesar kami  semoga gelar karya berikutnya bisa lebih megah dari ini, karena kami sadar pameran gelar kayra P5 kami ini baru pertama kalinya di sekolah kami," harapnya. (sum/has/B)

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan

Exit mobile version