TK Anak Rakyat Lakukan Gerakan Transisi PAUD ke SD 324 Takkue

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Taman Kanak-kanak (TK) Anak Rakyat Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba adakan gerakan transisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke SD Negeri 324 Takkue.

Kepala TK Anak Rakyat Kabupaten Bulukumba, Fatmawati mengatakan transisi PAUD-SD merupakan proses perpindahan peran anak sebagai peserta didik PAUD menjadi peserta didik SD dan penyesuaian diri anak dengan lingkungan belajar baru. 

"Kesiapan bersekolah harus berangkat dari tujuan pembelajaran yang sesungguhnya, yaitu memastikan setiap anak mendapatkan haknya untuk memiliki kemampuan fondasi untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat, di tingkatan kelas manapun. Sehingga, transisi PAUD-SD merupakan upaya untuk memastikan setiap anak mendapatkan haknya terlepas dari manapun titik berangkat anak," ungkapnya, Senin, 24 Juni 2024.

Lebih lanjut Fatmawati menyampaikan bahwa progam Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan merupakan sebuah gerakan dari Kemendikbudristek bersama dengan Kemendagri dan Kemenag agar semua anak memperoleh pembelajaran yang tepat.

"Alhamdulillah suatu kebanggaan tahun ini terdapat delapan peserta didik TK Anak Rakyat yang ditransisi ke SD. Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan sengaja digalakkan dengan tujuan agar anak merasa senang dalam belajar dan anak percaya bahwa dirinya pasti bisa asalkan mau berusaha," tambahnya.

Ia menuturkan dengan keterlibatan semua pihak, setiap anak dapat mendapatkan kemudahan dalam bertransisi dari PAUD ke pendidikan dasar. 

"Dengan begitu diharapkan peserta didik PAUD kami dapat terus melanjutkan prosesnya untuk mendapatkan kemampuan fondasi saat di SD/MI," tutupnya. (sum/has/B)

Penulis: SumEditor: HASWANDI ASHARI
  • Bagikan