Bawaslu Bulukumba Ingatkan KPU Pastikan Coklit oleh Pantarlih Dilakuakan Secara Profesional

  • Bagikan
Foto: proses Coklit oleh Pantarlih. (mad)

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — KPU Kabupaten Bulukumba, melalui petugas pemutakhiran data pemilih telah memulai melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih dalam rangka penyelenggaraan pemilihan serentak tahun 2024, yang dimulai tanggal 24 Juni 2024.

Ketua Bawaslu Bulukumba, Bakri Abubakar mengingatkan KPU untuk memastikan betul pencocokan dan penelitian data pemilih yang dilakukan Pantarlih ini dilakukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pantarlih wajib mendatangi dan bertemu secara langsung dengan pemilih.

"Sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum No. 7 Tahun 2024, Pasal 1 ayat (5) disebutkan bahwa Pencocokan dan Penelitian (Coklit) adalah kegiatan yang dilakukan oleh petugas Pemutakhiran Data Pemilih dengan bertemu pemilih secara langsung dan berdasarkan perbaikan dari rukun tetangga/rukun warga atau nama lain dan tambahan pemilih,” kata Bakri, Rabu 26 Juni 2024.

Bawaslu Bulukumba telah menginstruksikan kepada Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan dan Desa untuk melakukan pengawasan melekat memastikan Coklit dilakukan secara profesional sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, urainya.

Bakri menambahkan jika pihaknya telah memerintahkan untuk Panwascam dan jajaran Panwas Kelurahan/Desa untuk melakukan pengawasan melekat terhadap coklit yang dilakulan Pantarlih untuk memastikan semua kegiatan dilakukan sesuai prosedur.

Sesuai jadwal, coklit akan berlangsung pada 24 Juni - 24 Juli 2024. (mad/has/B)

  • Bagikan

Exit mobile version