SalassaeExpo 2024: Mendorong Ketahanan Pangan dan Adaptasi Perubahan Iklim

  • Bagikan
Pawai keliling kampung dalam rangka kegiatan SalassaExpo 2024, Selasa, 25 Juni 2024.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- SalassaeExpo 2024 yang digelar di Pasar Rakyat Desa Salassae, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba pada tanggal 25 hingga 26 Juni 2024 sukses digelar. Pada acara pembukaannya saja, kurang lebih 500 peserta hadir dalam kegiatan tersebut.

SalassaeExpo 2024 diawali dengan pawai keliling kampung, diikuti oleh pembukaan resmi yang diisi dengan sambutan dari Ketua Panitia, Ketua Komunitas Swabina Pedesaan Salassae, Kepala Desa Salassae, dan Bupati Bulukumba yang diwakili oleh Kepala Dinas Perdagangan.

Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan penampilan tarian tradisional oleh siswa SMA Negeri 14 Bulukumba dan siswa SD No. 244 Salassae.

Di samping itu, pameran pangan lokal yang ditampilkan oleh PKK Desa Salassae dan desa sekitar menjadi bagian menarik dari acara ini, menampilkan produk pangan lokal dan resep warisan nenek moyang.

Acara juga diisi dengan talkshow seputar kebijakan lingkungan hidup yang membahas isu-isu penting tentang lingkungan hidup.

Narasumber yang hadir antara lain Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bulukumba, Perwakilan Kantor Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku.

Juga hadir perwakilan Balai Penanggulangan Perubahan Iklim Region Sulawesi Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, dan Komunitas Swabina Pedesaan Salassae.

Tidak hanya itu, dalam kegiatan tersebut juga diadakan workshop pengembangan kebun bibit dan serah terima bibit pohon kepada pemerintah desa dan masyarakat, yang diwakili oleh Kepala Desa Bonto Matene Kecamatan Rilau Ale.

Ketua Panitia, Jusmani, menyatakan bahwa SalassaeExpo 2024 menjadi ajang untuk mengajak masyarakat berpartisipasi aktif dalam gerakan pelestarian lingkungan hidup dan menciptakan lingkungan yang lestari bagi generasi mendatang.

Jusmani berharap kegiatan tersebut dapat memberikan edukasi dan inspirasi bagi masyarakat untuk peduli dan terlibat aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dan adaptasi perubahan iklim di Desa Salassae dan sekitarnya.

"SalassaeExpo 2024 didesain sebagai wadah berhimpun para pihak untuk berbagi informasi, pengetahuan, semangat, dan sumber daya dalam mencapai tujuan bersama dan mengatasi masalah terkait perubahan iklim dan krisis pangan melalui forum dialog selama SalassaeExpo 2024," paparnya. ****

  • Bagikan

Exit mobile version