Bermodalkan Kartu JKN, Ibu Ini Puas dengan Layanan Persalinan di Puskesmas

  • Bagikan
Foto: Risfa saat menceritakan pengalamannnya saat memafaatkan layanan program JKN.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat. Salah satunya yang dirasakan oleh Risfa Samir (37) saat persalinan anak pertamanya.

Risfa menceritakan pengalaman saat dirinya melahirkan anak pertamanya di Puskesmas Ujung Loe. Dirinya yang kini bekerja sebagai Guru di SMP Negeri 10 Bulukumba, Sulawesi Selatan, merasa senang karena Program JKN telah menjamin penuh biaya selama berada di puskemas.

“Waktu tahun 2018, saya lagi mengandung anakku yang pertama. Selama proses kehamilan, saya rutin periksakan kandunganku di Puskesmas Ujung Loe. Bahkan, hingga melahirkan juga ditangani di Puskesmas Ujung Loe. Alhamdulillah, senang sekali rasanya dengan hanya bermodalkan kartu BPJS Kesehatan, seluruh pembiayaan saat kontrol kehamilan hingga biaya persalinan semuanya ditanggung BPJS Kesehatan,” cerita Risfa.

Menurut Risfa, melalui Program JKN yang diusung oleh BPJS Kesehatan sangat membantu masyarakat seperti dirinya. Menurutnya, di zaman sekarang ini semuanya sudah serba mahal, apalagi jika menyangkut soal kesehatan dan pengobatan yang sulit diprediksi besarannya.

“Seperti yang sudah kita tahu, zaman sekarang itu semuanya sudah serba mahal, beras mahal, bensin naik apalagi kalau menyangkut biaya kesehatan, tentu lebih mahal lagi. Untung sudah ada BPJS Kesehatan yang bisa bantu tanggung biayanya kalau kita sakit,” kata Risfa.

Risfa juga mengakui, bahwa selama mendapatkan pelayanan kesehatan ia diperlakukan dengan sangat baik oleh para tenaga medis yang ada di Puskesmas Ujung Loe, tidak ada perbedaan layanan yang diperoleh antara pasien BPJS Kesehatan seperti dirinya dengan pasien yang berlaku umum.

“Selama kontrol kehamilan hingga melahirkan di Puskesmas Ujung Loe, saya mendapatkan pelayanan yang sangat memuaskan, tidak ada sedikit pun kendala yang saya hadapi. Dokternya ramah, perawatnya baik jadi kita juga sebagai pasien tentu merasa senang dengan pelayanan yang diberikan. Apalagi kita sering dengar kalau pelayanan peserta BPJS itu biasanya tidak dilayani dengan baik. Tapi, jujur saya pribadi tidak pernah merasakan hal seperti itu malah sebaliknya yang saya rasakan, tidak ada perbedaan sama sekali antara saya dengan pasien lain yang berlaku umum,” jelas Risfa.

Risfa yang merupakan peserta JKN dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau yang biasa disebut dengan peserta mandiri dari ini, mengakui bahwa saat ini tengah mengandung anak keduanya. Sama seperti sebelumnya, kali ini ia juga berniat untuk memanfaatkan keaktifan kepesertaannya dalam Program JKN untuk menjamin kesehatan diri dan calon buah hatinya selama proses kehamilan hingga melahirkan.

“Alhamdulillah, sekarang saya lagi hamil anak keduaku, insya Allah semoga selalu diberikan kesehatan dan untuk persalinannya nanti tentu akan kembali menggunakan BPJS Kesehatan, karena sebelumnya sudah saya rasakan sendiri manfaatnya,” pungkas Risfa.

Risfa yang ditemui di kantor BPJS Kesehatan Cabang Bulukumba juga mengungkapkan apresiasi terhadap para petugas yang melayaninya saat melakukan perubahan data. Ia mengakui pelayanan di kantor BPJS Kesehatan semakin baik, ia tidak perlu menunggu lebih lama untuk memperoleh pelayanan bahkan prosesnya juga cepat sekali.

Risfa mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada BPJS Kesehatan karena telah banyak membantu masyarakat terutama dirinya. Risfa berharap BPJS Kesehatan kedepannya tetap mempertahankan kualitas pelayanan yang diberikan karena menurutnya pelayanan yang selama ini diperolehnya sudah sangat maksimal.

“Saya sangat bersyukur dengan hadirnya BPJS Kesehatan dapat membantu banyak orang termasuk diri saya sendiri. Harapan saya kepada BPJS Kesehatan cuma satu, yaitu tetap mempertahankan kualitas pelayanannya, karena sudah sangat baik pelayanan yang saya dapatkan selama ini,” tutup Risfa. (mad/has/B)

  • Bagikan

Exit mobile version