In Memoriam Andi Muhammad Ali Yusuf: Sosok Penyabar dan Pekerja Keras

  • Bagikan
H. Andi Muhammad Ali Yusuf (Alm)

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- H. Andi Muhammad Ali Yusuf, atau yang dikenal sebagai Petta Mamma, ayah dari Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf, meninggal dunia di usia 90 tahun.

Almarhum menghembuskan napas terakhirnya di kediamannya di Tanete, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, pada Minggu pagi, 30 Juni 2024.

Almarhum meninggalkan seorang istri tercinta, Hj. Andi Dalimah Karaeng Makkarodda, 11 anak/menantu, 33 cucu, dan 3 cicit.

Andi Ali Yusuf lahir di Kabupaten Sinjai pada tahun 1934 lalu, di Kabupaten Bulukumba ia mempersunting anak dari Sulewatang Makkarodda bernama Hj. Andi Dalima.

Andi Ali Yusuf dikenal sebagai sosok yang sederhana, pekerja keras, dan penyabar. Dalam kehidupannya almarhum bekerja sebagai petani dan pedagang.

Berkat kerja keras dan kesabarannya, beliau mampu membesarkan 11 anaknya yang rata-rata berhasil, salah satunya adalah Andi Muchtar Ali Yusuf yang saat ini menjabat sebagai Bupati Bulukumba.

"Satu hal yang sangat membanggakan bagi kami semua adalah bahwa beliau telah menjadi orang tua yang sangat penyabar dalam membesarkan kami 11 bersaudara," ungkap Andi Muchtar Ali Yusuf.

Menurut Bupati yang akrab disapa Andi Utta itu, kesabaran ayah handanya terlihat saat almarhum terus sabar dan berjuang melawan penyakit yang dideritanya hingga akhir hayatnya.

"Almarhum beberapa kali sakit dan kena stroke, namun mampu pulih kembali. Di sakit terakhirnya ini, ayahanda tercinta telah meninggalkan kita semua," kata Andi Utta.

Andi Utta mengungkapkan ayahandanya juga dikenal sebagai sosok yang religius dan sangat rajin beribadah.

"Banyak kenangan di masa hidupnya. Seingat saya, sejak tahun 1970-an, beliau sudah konsisten melaksanakan salat lima waktu berjamaah di masjid," ungkapnya.

Andi Utta menyampaikan bahwa keluarganya sangat merasa kehilangan atas kepergian almarhum, namun menurutnya ini sudah merupakan takdir Allah Subhanahu Wa Taala.

"Kami semuanya tentu merasa kehilangan sosok ayahanda, namun ini sudah menjadi ketentuan dan takdir Allah Subhanahu Wa Taala, sehingga kita yang ditinggalkan, khususnya keluarga besar, harus tabah menghadapi cobaan ini," ujar Andi Utta.

Dalam kesempatan tersebut, Andi Utta mewakili keluarga besar juga menyampaikan permohonan maaf apabila di masa hidup almarhum terdapat ucapan atau tindakan yang kurang berkenan.

"Atas nama keluarga, dengan penuh kerendahan hati, saya juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam hidup almarhum Petta Mamma, ada ucapan atau tindakan yang kurang berkenan," ucapnya.

Diketahui, Almarhum H Andi Ali Yusuf dikebumikan di Kompleks Pekuburan Keluarga Sulewatang Makkarodda, Onroteo, Desa Bontobulaeng, Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba. ****

  • Bagikan