Ponpes Darul Ishlah Tasyakuran Khatmil Quran dan Wisuda Santri 

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pondok Pesantren Darul Ishlah Kabupaten Bulukumba, gelar Tasyakuran ke XIX Khatmil Quran dan Wisuda Santri dan Santriwati dengan jumlah sebanyak 64 orang, Minggu, 30 Juni 2024.

Pembina Ponpes Darul Ishlah Bulukumba, Rahman menyebutkan jumlah tersebut terbagi dari dua kategori yakni khatam Al-Qur'an 30 juz sebanyak 37 orang dan wisuda penyelesaian kelas sebanyak 27 orang.

"Jumlah ini terbilang cukup banyak. Kami ucapkan selamat yang telah menyelesaikan hafalan 30 juz dan kepada para santri-santriwati yang diwisuda," ungkapnya.

Para santri saat berpose bersama pembina dirangkaikan Tasyakuran

Lebih lanjut ia menjelaskan kegiatan ini digelar dengan tujuan untuk memotivasi santri dalam menghafal Al-Qur'an serta mengevaluasi sejauh mana usaha mereka dalam melakukannya. Ia juga mengharap agar seluruh pihak yang terlibat dapat memperoleh keberkahan Al-Qur'an.

"Tujuan acara ini adalah, pertama, untuk menjadi pendorong semangat bagi santri agar giat dalam menghafal Al-Qur'an. Kedua, untuk menilai dan mengevaluasi sejauh mana kompetensi mereka setelah berhasil mengkhatamkan Al-Qur'an 30 juz. 

Ketiga, sebagai tolok ukur bagi pengurus pesantren atas pencapaian hasil belajar santri. Dan keempat, serta yang paling utama, adalah dalam rangka tabarrukan (mengharap barokah) dari al-Qur’an, ridha Allah dan Rasul-Nya untuk kebaikan bersama," tambahnya.

Ia juga berpesan kepada para orang tua yang anaknya di wisudakan, untuk senantiasa mendampingi agar semakin terarah, sebab menurutnya pendidikan bukan hanya tanggung jawab sekolah, ataupun pondok pesantren tetapi seluruh masyarakat dan yang utama para orang tua.

"Besar harapan saya para orang tua untuk tetap memberikan pembinaan karakter, sehingga dimanapun mereka melanjutkan sekolah mereka tetap istiqomah dan semoga kedepanya lebih bisa lagi mencetak penghafal Al Qur’an yang mutqin lebih banyak lagi," tutupnya. (sum/has/B)

  • Bagikan