SMAN 4 Bulukumba Uji BTQ Peserta Didik Baru 

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- SMA Negeri 4 Kabupaten Bulukumba, mengadakan tes kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ) untuk peserta didik baru pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Selasa, 2 Juni 2024.

Wakasek Humas SMAN 4 Bulukumba, Muhammad Basri mengatakan pada tes BTQ yang diikuti 157 peserta didik baru bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan baca tulis Al-Qur'an peserta didik baru. Tes BTQ ini juga sebagai proses pemetaan kemampuan peserta didik baru dalam baca tulis Al-Quran.

"Hasil tes BTQ peserta didik baru menunjukan ada tiga kategori. Pertama, yang belum bisa sama sekali baca Al-Qur'an, kedua sudah bisa membaca Al-Qur'an tapi belum lancar. Ketiga, kategori yang sudah tartil atau mahir membaca Al-Qur'an," ungkapnya, Rabu, 3 Juli 2024.

Lebih lanjut ia menyampaikan berdasarkan hasil tes BTQ ini pihak sekolah akan menyusun model atau pola-pola pembinaan mengaji Al-Qur'an yang pas buat peserta didik baru. Khususnya bagi mereka yang belum bisa mengaji dengan baik.

"Program BTQ adalah salah satu program unggulan SMAN 4 Bulukumba. Dimana dengan adanya program BTQ ini diharapkan semua lulusan SMAM 4 Bulukumba bisa seragam kemampuan baca tulis Al-Qur'an -nya. Selain BTQ calon peserta didik juga dites program keagamaan lainnya seperti tata cara salat," tambahnya.

Peserta didik baru SMAN 4 Bulukumba

Menurutnya, kegiatan ini bagus karena pihaknya bisa tau apakah masih ada peserta didik yang belum lancar baca Al-Qur'an sehingga bisa dilakukan bimbingan khusus bagi yang belum lancar.

"Kami berharap dari program BTQ ini peserta didik baru yang belum bisa membaca Al-Qur'an segera bisa. Mereka yang sudah bisa, tapi belum tartil segera bisa tartil, dan peserta didik yang sudah tartil bacaan Al-Qurannya bisa mengamalkan kandungan atau isi al-Quran," pungkasnya. (sum/has/B)

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan

Exit mobile version