Jokowi Janji Bangun Gedung Baru untuk RSUD H Andi Sultan Daeng Radja

  • Bagikan
Jokowi berswafoto dengan Bupati Bulukumba serta jajaran RSUD H Andi Sultan Daeng Radja, Jumat, 5 Juli 2024

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. H. Joko Widodo berkunjung ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Andi Sultan Daeng Radja, Kabupaten Bulukumba, pada Jumat, 5 Juli 2024, dan menjanjikan pembangunan gedung baru untuk rumah sakit tersebut.

Direktur RSUD H. Andi Sultan Daeng Radja, dr. Rizal Ridwan Dappi, mengungkapkan dalam kunjungannya Presiden Jokowi menjanjikan pembangunan gedung khusus perawatan jantung pada tahun 2025.

"Insya Allah beliau sudah menjanjikan tahun depan (2025, red) nanti kita akan dibantu pembangunan gedung khusus untuk perawatan jantung," ungkap dr. Rizal saat ditemui RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID sesaat setelah kunjungan Jokowi.

Menurut dr. Rizal, ruangan perawatan jantung saat ini memang masih kurang memadai, sementara RSUD H. Andi Sultan Daeng Radja merupakan rumah sakit rujukan dari tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Sinjai, dan Kabupaten Selayar.

"Data pasien jantung dalam satu tahun itu kita rawat inap sampai sekitar 650 orang. Di Poli Jantung, dalam satu bulan itu rata-rata dapat mencapai 200 sampai 300 pasien, cukup tinggi karena kita merupakan rujukan khusus perawatan jantung," paparnya.

Atas kondisi yang didapati langsung itu, Jokowi memerintahkan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi yang turut serta dalam kunjungan tersebut untuk memberikan bantuan pembangunan gedung khusus perawatan jantung.

"Tahun ini kita akan mengajukan usulan anggaran yang kita butuhkan untuk penanganan atau pembangunan gedung fasilitas tersebut. Yang kita usulkan itu kisarannya sekitar 45 miliar," ungkap dr. Rizal.

Selain gedung khusus perawatan jantung, menurut dr. Rizal, Presiden juga telah meminta kepada Kemenkes untuk membantu dalam peningkatan sarana dan prasarana fasilitas kesehatan di RSUD H. Andi Sultan Daeng Radja.

"Mudah-mudahan apa yang kita usulkan itu bisa di-ACC, jadi saya mohon doa masyarakat Bulukumba juga supaya kita bisa mewujudkan fasilitas kesehatan seperti itu agar menjadi kebanggaan masyarakat Bulukumba," harapnya.

Selain menjanjikan pembangunan gedung, dalam kunjungannya tersebut Jokowi juga mengapresiasi pelayanan dan fasilitas kesehatan yang ada di RSUD H. Andi Sultan Daeng Radja.

"Alhamdulillah bapak presiden sangat bangga bahwasanya RSUD H. Andi Sultan Daeng Radja sudah memiliki 36 dokter spesialis dan 5 dokter sub spesialis, dengan fasilitas-fasilitas kesehatan yang betul-betul sesuai dengan standar rumah sakit tipe B," kata dr. Rizal.

Mewakili seluruh jajarannya, dr. Rizal menyampaikan terima kasih serta apresiasi setinggi-tingginya kepada Presiden Jokowi dan Ibu Negara beserta pejabat negara lainnya yang telah memilih RSUD H. Andi Sultan Daeng Radja sebagai lokasi kunjungan.

"Sungguh sangat membanggakan buat kami yang bekerja di RSUD mendapat kunjungan dari bapak presiden langsung, yang mana beliau dapat melihat secara langsung seperti apa pelayanan yang kami berikan kepada masyarakat Bulukumba dan sarana-sarana yang sudah ada di rumah sakit kami," tukasnya.

Tidak hanya pegawai RSUD, tetapi juga ribuan warga menyambut kedatangan orang nomor satu di Indonesia tersebut, yang didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi.

Dalam kunjungannya ke RSUD H. Andi Sultan Daeng Radja, Jokowi bersama Iriana didampingi oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman.

Jokowi dan rombongan disambut oleh Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, Ketua PKK Bulukumba Andi Herfida Muchtar, Kepala Dinas Kesehatan Bulukumba dr.Amrullah, dan Direktur RSUD H. Andi Sultan Daeng Radja, serta jajaran.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi bersama rombongan berkeliling untuk memantau langsung aktivitas pelayanan di RSUD H. Andi Sultan Daeng Radja.

Setelah keluar dari pintu RSUD, Jokowi telah dinantikan oleh ribuan warga yang memadati halaman rumah sakit.

Jokowi membagikan kaos kepada masyarakat, dan sejumlah warga yang beruntung juga berkesempatan berswafoto dengan Presiden.

RSUD H. Andi Sultan Daeng Radja menjadi lokasi terakhir dalam agenda kunjungannya di Kabupaten Bulukumba. Selanjutnya, Presiden dan rombongan akan berkunjung ke Kabupaten Bantaeng untuk Salat Jumat dan makan siang bersama sebelum melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Takalar untuk peresmian Bendungan Pamukkulu dan Pasar Tempe.

Sebelumnya, Jokowi tiba di Kabupaten Bulukumba pada Kamis malam, 4 Juli 2024. Ia bersama rombongan menginap di Hotel Hakuna Matata di Kawasan Wisata Tanjung Bira.

Sebelum berkunjung ke RSUD, Jokowi juga singgah di Pasar Cekkeng. Selain memantau aktivitas jual beli, ia juga membagikan bantuan modal usaha dan bantuan langsung tunai kepada sejumlah warga penerima.****

  • Bagikan