Sambut Peserta Didik Baru MAN 1 Laksanakan MATSAMA

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Memasuki tahun ajaran baru 2024/2025, MAN 1 Bulukumba mulai melaksanakan kegiatan Masa Taaruf Siswa Madrasah (MATSAMA). Untuk menyambut peserta didik baru yang akan duduk di kelas X. 

Kegiatan MATSAMA ini dilaksanakan berdasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 18 Tahun 2016 tentang pengenalan Lingkungan sekolah bagi peserta didik baru, selanjutnya diperjelas pada surat Edaran Dirjen Pendis Kementerian Agama Republik Indonesia nomor B-2419/Dj.I/Dt.I.I/HM.01/01/2023 tentang Pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA). 

Ketua Panitia Burhanuddin mengatakan giat MATSAMA MAN 1 Bulukumba dilaksanakan selama 6 hari yang di mulai pada Tanggal 4 Juli 2024 dan berakhir di Tanggal 10 Juli 2024. Ada dua tahapan pelaksanaan yaitu Pra Matsama selama 3 hari yakni tgl 4 sampai 6 Juli 2024 dan tahap Matsama Tanggal 8 sampai 10 Juli 2024 dilaksanakan di Kampus MAN 1 Bulukumba. 

"Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini tentunya adalah sebagai wadah bagi peserta didik baru untuk lebih mengenal lingkungan madrasah baik lingkungan fisik (Sarana prasaran) maupun tenaga pendidik & kependidikan beserta para peserta didik ditingkatan atas," ungkapnya, Kamis 4 Juli 2024.

Dalam pelaksanaan Pra MATSAMA hari ini tampil mengkoordinir jalannya kegiatan yaitu Wakil Ketua Panitia yang sekaligus Wakil Kepala MAN 1 Bulukumba Andi Muhammad Tasmira. Ia menjelaskan di hari pertama ini dilaksanakan pembagian gugus kepada para peserta didik, dimana peserta didik terdapat 6 gugus dan ditiap gugus ada sekitar 27 orang.

"Beberapa peserta didik baru belum hadir dikarenakan beberapa hal, dan semuanya telah mengkonfirmasi ketidak hadirannya melalui grup Whatshap yang telah dibuat untuk mereka. Untuk pelaksanaan di hari pertama ini kami mengajak para peserta didik baru untuk melakukan kurve atau kerja bakti dilingkungan madrasah dan selanjutnya memberikan game edukasi kepada mereka. Diharapkan kepada peserta didik baru untuk membawa tumbler dari rumah yang berisi air, sehingga bisa meminimalisir sampah plastik hasil buangan kemasan  air mineral di lingkungan madrasah," ujarnya.

Terpisah, Kepala MAN 1 Bulukumba, H. Syarifuddin berpesan kepada peserta didik baru agar menanamkan kedisiplinan dalam diri masing-masing sehingga semua kegiatan yang telah disusun dapat diselenggarakan secara tertib. 

"Kami juga berpesan agar pelaksanaan MATSAMA di tahun ini bersifat edukatif dan inspiratif serta berorientasi kearah penguatan kreatifitas dan inovasi peserta didik madrasah," tutupnya. (sum/has/B)

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan

Exit mobile version