Bahas LPJ dan Bentuk Pengurus,  BUMDes Berdaya Bira Gelar Musyawarah Tahunan

  • Bagikan
Musyawarah BUMDes Berdaya Bira. (FITRIANI SALWAR/RADAR SELATAN).

BONTOBAHARI,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID- BUMDes (badan Usaha Milik Desa) adalah lembaga yang dikelola oleh masyarakat dan 0
pemerintah desa dalam usaha memperkuat perekonomian desa yang dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. Namun, yang paling penting bahwa keberadaan BUMDes juga menjadi salah satu badan usaha yang didorong untuk menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

Pemerintah Desa Bira Bersama BPD telah menyelenggarakan Musyawarah tahunan BUMDes Berdaya Bira  yang membahas tentang Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Bumdes, yang meliputi unit usaha Bumdes, pendapatan yang telah disepakati dengan mufakat.

Musyawarah tahunan tersebut  dihadiri kepala Desa Bira Murlawa beserta perangkat, Ketua BPD Desa Bira H.Andi Muh.Said, S.Pd beserta Anggota, Kepala Dinas PMD Kabupaten Bulukumba Hj. Hamriana A. Muri, S.Pd, M.Si beserta jajaran, Pendamping Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Kadus serta Pengurus Bumdes.

Kepala Desa Bira Murlawa menyampaikan bahwa ini merupakan suatu proses dan babak baru setelah 2 tahun BUMDes Berdaya Bira kosong dan tidak aktif karna terjadinya kekosongan pengurus.

"Dengan adanya musyawarah ini menjadi sebuah langkah yang baik untuk Bumdes kedepannya, baik itu secara operasional, kelembagaan, maupun secara pengelolaanya," katanya.

Badan Permusyawaratan Desa Bira mengharapkan BUMDes “Berdaya Bira” dengan adanya pengurus baru ini mampu meningkatkan kinerja kelembagaan serta dapat meningkatkan pendapatan asli desa yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Bira.

Sementara itu Kepala Dinas PMD Kabupaten Bulukumba Hj. Hamriana A. Muri, S.Pd, M.Si, menyampaikan bahwa terbentuknya pengurus baru ini diharapkan mampu menciptakan inovasi-inovasi baru yang kreatif dan menggali potensi-potensi terlebih lagi Desa Bira ini kaya akan sumber daya alam terutama hasil laut, pemandangan alam.

"Agar kedepannya Bumdes Berdaya Bira bisa berkembang sehingga menghasilkan PADes yang tinggi. Dengan begitu tentunya akan mensejahterakan masyarakat di Desa," jelasnya.

Dari hasil musyawarah tersebut disepakati bahwa pengurus Bumdes Berdaya Bira untuk periode 2024-2028  diantaranya
Murlawa, SE  sebagai penasihat, Andi Alimuddin Said sebagai Ketua Pengawas, Muhdar Abbas, S.Pd s ebagai Anggota Pengawas, Icu Sugiarto sebagai Anggota Pengawas, Tamrin sebagai Direktur, Sri Wahyuni Sebagai Sekretaris, Andra Adriana sebagai Bendahara, Muh Amin Sebagai Pelaksana Operasional Pengelola Aset, Muhammad Azwar Akbar Sebagai Pelaksana Operasional Pengelola Aplikasi dan IT, Al Faqih Musaddid Alwi Sebagai Pelaksana Operasional Pengelola Produksi dan Kemasan, Andi Eka Tri Inawati Sebagai Pelaksana Operasional Pengelola Unit Usaha,Perdagangan, dan Jasa, Anistio Friadi Sebagai Pelaksana Operasional Pengelola Unit Usaha, Perdagangan, dan Jasa, Iwan Nur Sebagai Pelaksana Operasional Event Organizer. (***)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi
  • Bagikan