Driving Camp Sekolah Penggerak: Penggerak Bulukumba untuk Generasi Emas

  • Bagikan
Kegiatan Driving Camp Sekolah Penggerak Bulukumba

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID --  Dengan mengangkat tema "Penggerak Bulukumba untuk Generasi Emas" enam Sekolah Penggerak Bulukumba sukses menggelar Driving Camp. Kegiatan itu dipusatkan di kebun buah percontohan milik Bupati Bulukumba yang terletak di Mannanti, Kabupaten Sinjai, pada 6-7 Juli 2024.

Sekolah Penggerak yang terlibat dalam kegiatan ini meliputi SMPN 17 Bulukumba yang dipimpin oleh Dr. Kasmawati Zainuddin, SMPN 9 Bulukumba oleh Abdul Aziz, SMPN 8 oleh Nurwinah A. Pangki, SMPN 1 oleh Ansar Langnge, SDN 2 Terang Terang oleh Kaharuddin, dan TK Putri Asyiba Padangloang oleh A. Jusnawati.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf, Kepala Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Sulawesi Selatan Dr. Arman Agung, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bulukumba Ali Saleng, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Andi Buyung Saputra.

Juga hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bulukumba Andi Herfida Muchtar, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Andi Asdar, serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Hj. Hamrina.

Kepala Sekolah SMPN 17 Bulukumba, Dr. Kasmawati Zainuddin, yang juga salah satu penyelenggara kegiatan, menjelaskan bahwa Driving Camp ini menitikberatkan pada ekspos tentang program yang telah dilaksanakan oleh Sekolah Penggerak serta rencana strategis untuk tahun ajaran 2024/2025.

"Kami berharap para peserta yang terdiri dari pengawas, pembina sekolah, guru, dan tenaga kependidikan dapat menerapkan metode belajar yang mampu mencetak generasi emas Bulukumba," ujar Dr. Kasmawati.

Ia menambahkan bahwa program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik, mencakup kompetensi literasi dan numerasi serta karakter, yang dimulai dengan peningkatan kualitas SDM, termasuk kepala sekolah dan guru-guru.

"Program Sekolah Penggerak tidak asal ditetapkan, tetapi melalui proses seleksi yang ketat yang dilaksanakan oleh Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, red)," jelasnya.

Materi Talent Mapping dibawakan oleh Kepala BBGP Provinsi Sulawesi Selatan, yang diikuti dengan dialog terbuka bersama Bupati Bulukumba mengenai visi "Penggerak Bulukumba untuk Generasi Emas."

Sementara kegiatan ekspos dan dialog dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bulukumba, Andi Buyung Saputra.

Dalam dialog tersebut, Bupati Bulukumba memberikan apresiasi terhadap program Sekolah Penggerak dan menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah daerah dan institusi pendidikan untuk mencapai tujuan bersama dalam mencetak generasi emas Bulukumba.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan semangat baru bagi para pendidik di Kabupaten Bulukumba dalam mendukung pengembangan pendidikan yang lebih baik dan berkualitas. ****

  • Bagikan