PHBI Desa Lembanna Peringati Tahun Baru Islam Dengan Menggelar Berbagai Kegiatan

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Desa Lembanna Kecamatan Kajang sukses menggelar acara peringatan Tahun Baru Islam 1446 H / 2024 M. Kegiatan ini digelar di dua tempat yakni zikir malam tahun baru hijriyah diadakan di Masjid Nurul Jannah Kampung Baru Desa Lembanna dan jalan santai serta senam sehat diadakan di Lapangan Jannaya Desa Lembanna. 

Peringatan Malam Tahun Baru tepatnya di Malam Ahad, tampak pelaksanaan zikir bersama dan tausiyah yang dipandu oleh ustads Hadi Kasmadja. Nampak hadir pada zikir tersebut Kepala Desa beserta ibu, Imam Desa Lembanna, Ketua BPD, perangkat desa, dan ratusan warga Lembanna memadati Masjid yang masih dalam tahap perbaikan. Linangan air mata jamaah mengiringi khusu’nya kegiatan zikir di malam tersebut, tandas Andi Tasmira. 

Di pagi hari, sejak pukul 06.30 para warga mulai berdatangan menuju lapangan Jannaya untuk mengikuti kegiatan jalan santai dan senam sehat. Peserta jalan santai dilepas oleh Kepala Desa Lembanna Jamaluddin Sannai tepat pukul 07.30.

Rute jalan santai telah ditetapkan oleh panitia dan memutar ke dua wilayah dusun yakni Jannaya dan Kampung Baru yang selanjutnya berakhir dilapangan Jannaya. Peserta jalan santai yang berkisar 500-an orang, tampak antusias dan semangat di jalan dengan melantunkan sholawat secara bersama-sama.

Peringatan Tahun Baru Islam di Desa Lembanna Kajang Bulukumba.

Rombongan jalan santai finish di lapangan Jannaya, dilanjutkan dengan mendengarkan ceramah Hikmah 1 Muharram 1446H yang dibawakan oleh Ustads Nursalam, S.Pd.I.  Diakhir acara, diadakan pengundian nomor untuk mendapatkan doorprize  yang telah disediakan PHBI Desa Lembanna. 

Ada 100 bungkus hadiah doorprize yang disediakan mulai dari alat-alat dapur, dan alat elektronik juga alat salat. Kesemua hadiah yang disiapkan tersebut merupakan donasi dari berbagai pihak, ungkap Andi Tasmira. Hadiah utama berupa kulkas dimenangkan oleh warga Dusun Tammadohong Desa Lembanna.

Andi Muhammad Tasmira selaku Ketua PHBI Desa Lembanna mengungkapkan dalam kegiatan ini melibatkan seluruh lapisan masyarakat Desa Lembanna bahkan dari luar Desa Lembanna. 

"Alhamdulillah para jamaah begitu antusias mengikuti rangkaian zikir dan ditutup dengan doa bersama yang juga di sempatkan untuk berdoa untuk Warga Palestina," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Lembanna, Jamaluddin Sannai disela-sela acara mengungkapkan peringatan tahun baru Islam  ini merupakan buah kerja solid dan kerjasama PHBI Desa Lembanna dan pemerintah Desa Lembanna. 

"Terima kasih kepada seluruh warga Desa Lembanna dan semua pihak yang turut terlibat dalam acara ini. Semoga kegiatan ini menjadi rutinitas setiap tahun di Desa yang kita cintai ini," tutupnya. (sum/has/B)

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan