BRI Bulukumba Pastikan Penyaluran Kredit Dilakukan Secara Transparan dan Akuntabel

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- BRI Cabang Bulukumba selama ini melayani berbagai fasilitas kredit yang memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Pimpinan Cabang BRI Zainal Arifin menyampaikan dalam proses bisnisnya BRI telah melakukan penyaluran fasilitas kredit sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk mewujudkan proses bisnis yang sehat, transparan, dan akuntabel.

"Kami pastikan seluruh proses penyaluran kredit benar-benar dilakukan sesuai mekanisme," ujar Zainal, Selasa 9 Juli 2024.

Ada beberapa jenis kredit yang saat ini banyak diakses masyarakat. Salah satunya adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang terdiri dari KUR Micro, Retail KUR, dan KUR TKI. "Penting untuk dipahami masyarakat bahwa KUR itu bukan bantuan atau hibah. Tapi pinjaman yang bunganya disubsidi oleh pemerintah. Makanya bunga KUR sangat rendah karena sebagian disubsidi pemerintah," jelas Zainal.

Seringkali katanya terjadi kesalahpahaman di dalam masyarakat. Sehingga pihak BRI berupa melakukan edukasi terus menerus. Termasuk juga membangun komunikasi dengan para pihak jika terjadi kesalahpahaman dalam hal penyaluran KUR dan ketika terjadi kredit macet.

"Terkait respon yang dilakukan sejumlah orang yang mengatasnamakan nasabah di wilayah kerja kami, kami mendorong nasabah untuk melakukan penyelesaian pembayaran fasilitas kredit sesuai dengan ketentuan yang berlaku," urai Zainal.

BRI lanjut Zainal, dalam menjalankan seluruh operasional bisnisnya, sangat menjunjung Good Corporate Governance (GCG) dan senantiasa menerapkan prinsip prudential banking. (rls)

  • Bagikan