DPMD dan UINAM Teken MoU

  • Bagikan
Penandatanganan kerjasama antara DPMD Bulukumba dan UIN Alauddin Makassar.

BULUKUMBA,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bulukumba, melakukan penanandatanganan kerjasaaama atau MoU (Memorandum of Undestanding) dengan pihak UINAM (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Pelaksanaan kerjasama ini kata Kepala DPMD Bulukumba, Hj Hamrina Andi Muri adalah untuk membangun komitmen sinergitas 

dengan lembaga pemerintah daerah untuk memetakan program prioritas, potensi 

kebutuhan dan kendala yang dihadapi pemerintah daerah dalam menjalankan program-programnya untuk dijadikan landasan oleh UINAM untuk menyusun arah 

program-program pengabdian kepada masyarakat.

"Yang searah dengan program 

pembangunan di daerah sehingga sinergitas UINAM dengan pemerintah daerah 

dapat terwujud secara efektif dan terukur," katanya, Rabu, 10 Juli 2024.

Menurutnya, pihak DPMD tentunya memberikan respon positif terhadap rencana kerjasama  yang ditawarkan oleh pihak UINAM, karena kerjasama ini juga bertujuan untuk membuat pemetaan desa sebagai lokasi pengabdian masyarakat lintas keilmuan 

dalam bentuk kegiatan pembinaan “Desa Binaan” dan pengembangan “Desa 

Mitra” bagi dosen dan mahasiswa yang diselenggarakan oleh berbagai 

Fakultas atau Prodi di lingkup UINAM.

"Pada pelaksanaan FGD (Focus Group Discussion) saya mengusulkan agar mahasiswa yang turun ke desa melakukan sosialisasi atau edukasi  kepada masyarkat dalam berbagai hal, misalnya mengedukasi remaja untuk tidak menikah diusia dini, mengajak masyarkat untuk peduli pendidikan, mengembalikan anak tidak  sekolah. Menyekolahkan anaknya sampai ke jenjang lebih tinggi, menerapkan ilmunya  untuk menggali potensi desa, membantu mengatasi stunting dan melakukan riset," harapnya.

Sekadar informasi, selain DPMD Bulukumba, penandatanganan kerjasama juga dilakukan oleh DPMD Provinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten Sinjai, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bone dan  Kabupaten Kepulauan Selayar. (ria/has/B)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Hswandi
  • Bagikan

Exit mobile version