Tingkatkan Peran Da’i Dalam pengelolaan ZIS, Baznas Kerjasama Masjid Kapal Munzalan Gelar Tudang Sipulung

  • Bagikan
Tudang Sipulung Baznas dan pengurus Masjid Kapal Munzalan. (FITRIANI SALWAR/RADAR SELATAN)

BULUKUMBA,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bulukumba bekerjsama dengan pengurus Masjid Kapal Munzalan melaksanakan Tudang Sipulung. Kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Kapal Munzalan ini berlangsung Rabu 10 Juli 2024.

Kegiatan ini diikuti sejumlah Pimpinan Pesantren, Muballigh, Aktivis Islam, dan para awak media. Kegiatan ini bertujuan untuk berbagi ilmu serta meningkatkan dan menyelaraskan pemahaman Zakat, Infaq, Sedekah (ZIS) di Kabupaten Bulukumba.

Ketua Baznas Bulukumba H Kamaruddin mengaku salut terhadap apa yang telah diinisiasi oleh para pengurus Masjid Kapal Munzalan, hingga terlaksananya kegiatan ini.

“Kami sangat apresiasi, kegiatan ini merupakan kolaborasi dengan inovasi baru bagi para Da’i terkhusus Baznas dalam sosialisasi pengelolaan ZIS di Bulukumba," katanya, Rabu 10 Juli 2024.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa kegiatan ini sepenuhnya dapat terlaksana atas keinginan besar Pengasuh Masjid Kapal Munzalan, H.Kardi, untuk menyuarakan kecintaannya terhadap Allah SWT entang pemahaman ZIS.

“Terima kasih untuk kolaborasi yang luar biasa ini, semoga kita semua bisa menjadi penggerak ZIS yang diberkahi Allah SWT," jelasnya.

Secara resmi kegiatan dibuka oleh Bupati Bulukumba dalam hal ini diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra.

Dalam sambutan Bupati Bulukumba, yang disampaikan Hj Umrah Aswani, bahwa peran pemerintah sangat penting dalam mendorong keberadaan Baznas. Olehnya itu sinergi dan kolaborasi harus terjaga, agar pengelolaan ZIS dapat berjalan dengan luas dan baik.

“Dengan pengelolaan zakat yang baik, ini bisa menjadi sumber dana yang besar untuk kesejahteraan sosial di Bulukumba," tuturnya.

Ia menambahkan bahwa kehadiran dan eksistensi Baznas Bulukumba semakin nampak dengan berbagai program yang dilaksanakan.

“Dana ZIS di Bulukumba yang sudah dikelola dengan transparan dan akuntabel, sudah menjadi sumber dana yang membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat," tambahnya.

Pada pelaksanaan kegiatan ini, juga turut hadir Kakan Kemenag, Ketua MUI, KUA Bontobahari dan Bontotiro, serta pelaksana Bagian Kesra.

Kakan Kemenag Bulukumba, H Misbah menitipkan pesan kepada para da'i untuk menyuarakan gerakan cinta ZIS adalah tugas bersama.

"Sampaikan informasi ini, berikan pemahaman kepada masyarakat, agar kita semua dapat memaksimalkan kolaborasi pengelolaan ZIS di Kabupaten Bulukumba," pesannya.

Ketua Pelaksana Halim Amsur, menyampaikan dalam kegiatan ini para peserta dibekali beberapa materi, diantaranya Peran Da’i dalam kampanye zakat oleh Ketua Baznas Bulukumba H Kamaruddin, Inspirasi Zakat oleh H Kardi, dan materi terakhir perhitungan matematika zakat oleh H Muhammad Yusuf Shandy Wakil Ketua II Baznas Kab Bulukumba.

“Motto kegiatan kita ini, saatnya bersanding bukan bertanding satu sama lain memperkuat sinergitas membentuk kekuatan besar dalam pengumpulan dan pendistribusian zakat, serta membangun kolaborasi dan kolaboraktif," tutupnya. (***).

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi
  • Bagikan