PAPPRI Mulai Tahapan Rekaman dan Launching Album Pemenang SSMF 2024

  • Bagikan

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Sulawesi Selatan berharap pelaku seni musik di wilayah ini bisa punya masa depan lebih bagus.

Makanya, PAPPRI berusaha menyiapkan skema dan jalur pembinaan yang tepat untuk mereka.

PAPPRI mencontohkannya di ajang South Sulawesi Music Festival (SSMF) 2024 yang berlangsung di Anjungan City of Makassar Pantai Losari, Sabtu, 25 Mei 2024 lalu.

Dalam kegiatan itu, PAPPRI menyiapkan total hadiah Rp100 Juta. Hadiah ini dalam bentuk uang pembinaan, sertifikat, rekaman dan rilis digital launching album.

Hal ini disampaikan Ketua Panitia South Celebes Musik Festival 2024, Andi Tadampali (Andi Mangara).

Menurutnya, saat ini, mereka sudah bersiap memasuki proses rekaman diikuti launching album.

"Keputusan panitia itu tidak bisa diganggu gugat. Panitia akan melanjutkan tahapannya," kata Andi Mangara kepada wartawan di Plasagoz Telkomsel Pettarani, Jumat, 12 Juli 2024.

Andi Mangara mengaku ada kesalahpahaman pemenang SSMF 2024 yang mengira total hadiah Rp.100 Juta seluruhnya dalam bentuk uang tunai. Ia menegaskan, salah satu goal utama dari event ini adalah pembinaan berkelanjutan.

"Makanya, panitia menyertakan rekaman dan rilis album digital sebagai hadiah. Biaya rekaman dan launching ini dikonversi dari total hadiah Rp100 Juta itu. Karena di sinilah letak pembinaan berkelanjutan itu. PAPPRI ingin agar pemenang lomba itu dikawal untuk bisa menghasilkan karya," tegas Andi Mangara lagi.

Panitia sudah menyiapkan roadmap rekaman dan launching album pemenang South Sulawesi Music Festival 2024.

Ini dimulai dengan tahapan Pra Produksi dalam hal ini pembuatan lagu (14 Juli-19 Juli), pengerjaan aransemen sekaligus rekaman demo (21-24 Juli), distribusi materi lagu ke peserta dan penyanyi solo (21-22 Juli).

Selanjutnya, masuk ke tahap Produksi. Dalam tahapan ini akan dilakukan perekaman lagu untuk solo (26-28 Juli), perekaman lagu band (30-31 Juli), mixing mastering band (2-3 Agustus), dan mixing mastering solo (4-7 Agustus).

Terakhir adalah tahapan Pasca Produksi. Pada 29 Juli-3 Agustus akan dilakukan pembuatan artwork dan revisi audio lagu.

Selanjutnya, 5 Agustus, tahapan pengiriman file lagu ke agregator. Lalu, pada 6-28 Agustus masuk ke persiapan rilis dan pengecekan file-file agregator. Terakhir, pada 31 Agustus dilakukan rilis.

Malam tadi, Pengurus DPD PAPPRI berkumpul di Plazgozz Telkomsel Pettarani dalam rangka menyalurkan dana apresiasi kepada 10 insan musik berdedikasi dan berprestasi.

Dana apresiasi ini berasal dari Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAPPRI, Tony Wenas. Dana apresiasi dikumpulkan dari hasil konser Tony Wenas bertajuk D'Piano Man pada Juni lalu.

Pemberian dana apresiasi ini merupakan bentuk kepedulian Tony Wenas maupun PAPPRI terhadap insan musik. ****

Pemenang South Sulawesi Music Festival 2024:

Band
Juara 1 : Ayesha Band
Juara 2 : Lura Boys
Juara 3 : Joker Hitam
Harapan 1 : Iking N Cowboys
Favorit : d'Angels

The Best
Gitarist : Iking N Cowboys
Bassist : Lura Boys
Drummer : Joker Hitam
Keyboardist : Ayesha
Vokalist : Ayesha Vocalist Cowok

Juara Vokal

Juara 1 : Sri Ayu Siramba
Juara 2 : Romario
Juara 3 : Mey Christin

Harapan 1 : Maryunus
Harapan 2 : Dony Haryadi
Harapan 3 : Jaya Raya Padang
Favorit : Andi Indar Jaya

  • Bagikan