Sekdisdik Sulsel Tutup MPLS SMAN 2 Selayar dengan Upacara Meriah

  • Bagikan
Kegiatan penutupan MPLS di SMAN 2 Selayar, Sabtu, 13 Juli 2024

SELAYAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru SMA, SMK, dan SLB negeri di Sulsel telah usai dilaksanakan, termasuk di SMAN 2 Selayar. Acara penutupan MPLS di sekolah ini dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik) Dr. Andi Ibrahim, pada Sabtu, 13 Juli 2024.

Pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025, SMAN 2 Selayar yang dipimpin oleh Tajuddin menerima 140 peserta didik baru. Semua peserta didik ini telah mengikuti MPLS selama tiga hari, yang bertujuan memperkenalkan mereka dengan lingkungan sekolah.

Dalam sambutannya di hadapan ratusan siswa baru dan seluruh guru SMAN 2 Selayar, Sekdisdik Andi Ibrahim menyampaikan bahwa melalui MPLS, siswa-siswi baru dapat mengenal lingkungan sekolah secara keseluruhan.

"Seperti mengetahui di mana letak mushollanya, letak toilet sekolahnya, letak laboratoriumnya, ruang guru, ruang kepala sekolahnya, kebersihan sekolahnya, dan mengetahui ruangan lainnya," ujar eks Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Guru Penggerak Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Sulsel ini.

Andi Ibrahim juga menekankan pentingnya MPLS bagi guru. Melalui kegiatan ini, guru diharapkan mampu mendiagnosis seluruh peserta didik baru untuk menentukan jenis masalah atau kelainan masing-masing siswa. Dalam hal ini, guru harus meneliti dan menganalisis latar belakang penyebab dan gejala-gejala yang tampak pada siswa.

Selain itu, guru juga diharapkan dapat melakukan diagnosis bakat dan potensi masing-masing siswa sehingga dalam proses pembelajaran nantinya tidak ada kendala. Mengetahui perilaku dan karakter seluruh siswa juga menjadi tugas penting bagi para guru.

Penutupan MPLS di SMAN 2 Selayar semakin meriah dengan pemberian hadiah oleh Sekdisdik Andi Ibrahim kepada siswa-siswi yang meraih juara dalam beberapa kategori lomba yang diadakan selama MPLS.

Andi Ibrahim yang dikenal ramah dan bersahabat ini juga memberikan bonus uang jajan kepada siswa-siswi yang berhasil menjawab pertanyaan-pertanyaan dadakan darinya, seperti menyebutkan nama 10 guru lengkap dengan gelarnya di SMAN 2 Selayar.

Dalam kesempatan tersebut, Andi Ibrahim didampingi oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Selayar, Usman. Mereka berinteraksi dengan siswa baru dengan menanyakan beberapa pertanyaan, seperti nama lengkap Kepala Sekolah SMAN 2 Selayar dan istrinya, serta nama lengkap Kepala Cabang Dinas Wilayah VI Selayar.

Seluruh siswa yang berani tampil dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Sekdisdik Sulsel Andi Ibrahim masing-masing diberikan uang jajan Rp 50 ribu per siswa yang menjawab dengan benar.

Diketahui, SMAN 2 Selayar yang beralamat di Kelurahan Batangmata, Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Kepulauan Selayar, saat ini memiliki total 500 siswa. ****

  • Bagikan

Exit mobile version