Peserta Didik Baru MTsN 1 Bulukumba Antusias Ikuti Matsama

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Sebanyak  98 peserta didik baru MTs Negeri 1 Kabupaten Bulukumba, mengikuti Masa Ta'aruf Madrasah (Matsama) berlangsung selama tiga hari mulai Senin 15 sampai 17 Juli 2024.

Kepala MTsN 2 Bulukumba, Muhammad Asdar mengatakan Matsama merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam penerimaan peserta didik baru sebagai bentuk pengenalan aktivitas rutin madrasah, fasilitas madrasah serta karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah kepada peserta didik baru. Suatu kebanggaan peserta didik begitu antusias mengikuti rangkaian Matsama.

"Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan Matsama adalah untuk mengenalkan lingkungan, nilai dan karakter khusus madrasah kepada para peserta didik baru, agar selama proses pembelajaran dapat tercipta rasa aman dan nyaman bagi mereka untuk mengembangkan seluruh potensi diri dan kemampuannya. Kemudian untuk memperkuat nilai-nilai moderasi beragama dan karakter ke-Indonesia-an kepada para peserta didik baru," ungkapnya.

Lebih lanjut ia menuturkan dengan ini peserta didik dapat mengenalkan tentang fasilitas belajar, strategi belajar, kurikulum, tata tertib siswa, budaya akademik, pendidikan dan tenaga kependidikan, serta teman-teman, baik sesama siswa, maupun kakak-kakak kelasnya.

"Di Madrasah ada beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang dibina. Melalui ini, kami juga mengarahkan peserta didik dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat. Menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lainnya pada diri siswa sebagai implementasi dari konsep iman, ilmu, dan perilaku," tambahnya.

Melalui ini pihaknya berharap dapat tertanamkan berbagai wawasan dasar pada peserta didik sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di kelas. (sum/has/B)

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan

Exit mobile version