Aksinya Bersihkan Pantai Bersama Warga Dipuji Kapolri, Polisi Asal Bulukumba Ini Diberi Hadiah Sekolah Perwira

  • Bagikan
Tangkapan layar potongan video saat Bripka Kadir (kanan) saat melaporkan kinerjanya sebagai Polairud di Bira kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kiri) melalui zoom meeting.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Baru-baru ini, viral sebuah video yang memperlihatkan seorang polisi bernama Kadir berpangkat Bripka diberikan hadiah sekolah perwira oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo atas aksinya bersama warga dalam membersihkan pantai di Bira.

Video TikTok yang diunggah oleh akun @kawanListyo pada tanggal 22 Juni 2024, memperlihatkan Bripka Kadir yang bertugas di Polairud Pos Pelabuhan Bira sedang menyampaikan laporannya kepada Kapolri melalui zoom mengenai kegiatan bersih-bersih pantai yang rutin dilakukan di kantor pos Polairud Bira.

"Dalam kegiatan aksi bersih-bersih pantai bersama masyarakat Bira dan Dinas Perairan, kami menjadikan posko kami sebagai tempat ngobrol dan ngopi dengan masyarakat Bira," ujar Bripka Kadir dalam laporannya.

Dari laporan itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kemudian mengonfirmasi kepada dua orang yang mendampingi Bripka Kadir dalam pelaporannya yakni Ibu RW dan Kepala Dusun, dan keduanya membenarkan soal aksi yang telah dilakukan oleh Bripka Kadir.

Mendengar itu, Kapolri meminta persetujuan kepada Ibu RW dan Kepala Dusun untuk memberikan kesempatan kepada Bripka Kadir mengikuti sekolah perwira.

"Karena dua orang sudah setuju (Ibu RW dan Kepala Dusun, red), artinya saya anggap bahwa Bripka Kadir pantas untuk diusulkan sekolah perwira, jadi silakan untuk melaporkan ke Kapolda (Sulsel)," ujar Kapolri yang terdengar disambut suara tepuk tangan dalam video.

Bripka Kadir terlihat begitu kaget mendengar pernyataan Kapolri yang memberinya kejutan berupa kesempatan untuk sekolah perwira.

Kadir mengaku tidak pernah menyangka akan mendapatkan hadiah tersebut, apalagi sebelumnya tidak pernah berpikir untuk bisa melanjutkan sekolah lagi.

"Saya juga tidak menyangka dapat rezeki begini. Saya kaget dan spontan menjawab siap, terima kasih, Komandan," ujarnya.

"Saya juga berterima kasih kepada bapak Kapolri yang sudah memberikan kesempatan untuk sekolah perwira, dan tentunya kepada masyarakat Bira yang memberikan dukungan kepada saya," tambahnya.

Bripka Kadir diketahui telah bertugas di Pos Polairud Bira selama kurang lebih lima tahun terakhir dan dikenal sebagai sosok polisi yang ramah dan bersahaja.

Kegiatannya dalam membersihkan pantai bersama masyarakat tidak hanya menunjukkan dedikasi tinggi terhadap tugasnya, tetapi juga membangun hubungan baik dengan masyarakat sekitar.

Aksi bersih pantai yang dilakukan Bripka Kadir dan dukungan yang diterimanya dari masyarakat menjadi contoh nyata bagaimana seorang aparat keamanan bisa berkontribusi lebih kepada lingkungannya.

Hadiah dari Kapolri ini menjadi bentuk apresiasi atas dedikasinya, serta diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi polisi lainnya di seluruh Indonesia. (ewa/

  • Bagikan