MTsN 3 Awali Tahun Baru dengan MATSAMA

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Awali tahun pelajaran baru, MTsN 3 Bulukumba mengadakan Masa Taaruf Siswa Madrasah (MATSAMA) tahun pelajaran 2024/2025 dan sukses terlaksana. Kegiatan ini diikuti oleh guru, tenaga kependidikan, dan 96 peserta didik baru dan resmi ditutup Rabu, 17 Juli 2024.

Panitia kegiatan, Ida Astanti Saleh mengatakan MATSAMA merupakan kegiatan pengenalan siswa terhadap lingkungan sekolah bagi peserta didik baru yang telah diterima di MTsN 3 Bulukumba. Acara dimulai dengan upacara pengibaran bendera yang dilaksanakan di lapangan madrasah.

"Salah satu tujuan diadakannya MATSAMA adalah untuk mengenalkan siswa lebih dekat dengan lingkungan pendidikan di sekolah yang baru, sehingga tercipta suasana edukatif yang kondusif," ujarnya.

Sementara itu, pada MATSAMA ini Kepala Madrasah, Sudarmin, menekankan pentingnya kesiapan mental dan akademis peserta didik untuk berprestasi.

"Kami berharap para siswa baru tidak hanya siap berprestasi di bidang akademik, tetapi juga di bidang non-akademik. Saya juga ingin memastikan bahwa kalian siap belajar dan menuntut ilmu pengetahuan serta ilmu agama di madrasah ini sebagai bekal untuk meraih cita-cita kalian ke depannya," ujar.

Diketahui, pembukaan MATSAMA ditandai dengan pemukulan gendang dan penyematan tanda peserta secara simbolis kepada dua perwakilan siswa baru. Prosesi ini menjadi penanda dimulainya kegiatan MATSAMA tahun pelajaran 2024/2025.

Sudarmin juga mengucapkan selamat memasuki tahun pelajaran baru dan selamat bergabung kepada peserta didik baru. 

"Saya ucapkan selamat memasuki tahun pelajaran baru dan selamat bergabung bagi siswa kelas 7. Insya Allah, kegiatan MATSAMA ini akan berlangsung selama 3 hari, dari hari Senin hingga Rabu nanti," tuturnya.

MATSAMA tahun ini berisi beberapa materi yang akan disampaikan kepada peserta didik baru, yaitu: Materi Kemadrasahan, Pengenalan Lingkungan Madrasah, Moderasi Beragama, Mengenal Bakat dan Minat Diri, serta Pencegahan Bullying, Narkoba, dan Rokok.

Pelaksanaan kegiatan MATSAMA di MTsN 3 Bulukumba diharapkan bisa menjadi sarana yang efektif untuk pengenalan lingkungan madrasah dan sistem akademik. Melalui kegiatan MATSAMA, siswa baru madrasah memperoleh pengenalan program, sarana prasarana madrasah, tata tertib, dan sistem pembelajaran. (sum/has/B)

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan

Exit mobile version