Jika Diinginkan, Andi Irwan Nur Siap Dampingi Andi Utta

  • Bagikan
Andi Irwan Nur

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Andi Irwan Nur, salah satu figur potensial, menyatakan kesiapannya untuk mendampingi calon petahana Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, pada Pilkada Bulukumba 2024.

Dalam wawancara eksklusif dengan RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID pada Kamis, 18 Juli 2024, Andi Irwan mengungkapkan kesediaannya untuk mengabdikan diri bagi Kabupaten Bulukumba jika diinginkan oleh masyarakat dan Andi Muchtar Ali Yusuf.

"Jika masyarakat Bulukumba dan beliau menginginkan saya menjadi pendamping, maka Insyaallah saya akan siap dan ikhlas mengabdikan diri di Bulukumba," ujar Andi Irwan Nur.

Andi Irwan melihat bahwa namanya yang dipasangkan dengan Andi Muchtar Ali Yusuf adalah cerminan dari harapan masyarakat Bulukumba.

"Saya menganggap itu sebagai perwujudan dari akumulasi harapan masyarakat Bulukumba yang berkeinginan agar kinerja pemerintahan dan pembangunan daerah menjadi lebih baik pada periode yang akan datang," ujarnya.

Menurutnya, masyarakat Bulukumba adalah masyarakat yang cerdas dan kritis, yang paham bagaimana seharusnya pemerintahan dijalankan dan model kepemimpinan yang mereka butuhkan.

"Masyarakat Bulukumba juga paham model kepemimpinan seperti apa yang mereka butuhkan," tambahnya.

Meski mengakui bahwa pemerintahan di Kabupaten Bulukumba saat ini sudah luar biasa di bawah kepemimpinan Andi Muchtar Ali Yusuf dan Andi Edy Manaf, Andi Irwan menekankan perlunya perencanaan, kerjasama, dan pola koordinasi yang lebih terstruktur ke depannya.

Menurutnya, wakil bupati harus berperan aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan yang lebih terstruktur dan mengambil peran sesuai dengan kewenangannya.

"Secara normatif, idealnya seorang wakil bupati berperan untuk mendesain pola koordinasi pelaksanaan tugas pemerintahan yang lebih terstruktur," jelas Akademisi Universitas Halu Oleo Kendari tersebut.

Ia juga menekankan pentingnya mengefektifkan fungsi pengawasan agar pelaksanaan pemerintahan menjadi lebih efektif, efisien, dan akuntabel.

"Proaktif mengambil peran sesuai batasan kewenangan yang diberikan, untuk membantu pelaksanaan berbagai tugas bupati, khususnya dalam pencapaian program prioritas di setiap OPD dan kecamatan," tambahnya.

Saat ditanya tentang kinerja Andi Edy Manaf sebagai Wakil Bupati Bulukumba, Andi Irwan yang juga adalah tenaga ahli Bupati Bulukumba itu enggan memberikan komentar.

"Masyarakat Bulukumba itu cerdas dan kritis. Merekalah pemangku kepentingan utama yang berhak memberikan penilaian terhadap pemimpinnya. Saya tidak berhak menilai beliau. Selain itu pak Andi Edy Manaf juga adalah sahabat saya, dan secara pribadi beliau orang yang baik," imbuhnya.****

  • Bagikan