54 Ribu Anak  Jadi Sasaran Vaksin Polioi

  • Bagikan
Vaksinasi polio di Kecamatan Ujung Bulu. (FITRIANI SALWAR/RADAR SELATAN)

BULUKUMBA,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bulukumba, mencatat sekira sebanyak 54 ribu anak usia 0-7 tahun menjadi sasaran pemberian vaksin polio di Kabupaten Bulukumba.

Kepala Dinkes Bulukumba, dr H Amrullah menyampaikan, pada pelaksnaaan PIN (Pekan Imunisasi Nasional) ini, ditargetkan reaslisasinya sekurang-kurangnya 95 persen dari seluruh anak yang akan divaksin polio.

"Sasaran vaksinasi polio sebanyak 54 ribu anak usia 0-7 tahun. Pelaksanaan PIN ini sesuai dengan SK Menteri Kesehatan yang ditindaklanjuti dengan Surat Edaran Bupati Bulukumba, PIN untuk putaran pertama akan digelar selama 5 hari  yakni 23 sampai 29 Juli 2024 dengan target anak-anak usia 0 sampai 7 tahun, tanpa memandang status imunisasi sebelumnya," katanya, Senin 22 Juli 2024.

Untuk memaksimalkan pelaksanaan PIN ini, maka Dinkes memaksimalkan  Sosialisasi, penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat tentang penyakit Polio dan bahaya penyakit Polio bagi tumbuh kembang anak.

"Vaksin polio ini adalah diteteskan sebanyak 2 tetes ke mulut anak dan rasanya manis, pasti disukai anak anak, bukan vaksin dengan cara disuntikkan dilengan atau dipaha anak-anak," jelasnya.

Jadi karena vaksinnya diteteskan dan rasanya manis sehingga Dinkes optimis anak-anak yang divaksin tentunya menyukai vaksin tersebut. (***)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi
  • Bagikan