Dispar Ajak Masyarakat Sukseskan Festival Pinisi XIV 2024

  • Bagikan
Festival pinisi. (FITRIANI SALWAR/RADAR SELATAN).

BULUKUMBA,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID --  Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Bulukumba, mengajak seluruh masyarakat untuk menyukseskan  Festival Pinisi XIV  tahun 2024.

Pelaksanaan festival pinisi yang sebelumnya dijadwalkan pada Oktober mendatang, kini dipercepat pelaksanaannya. Tepatnya pada 6 sampai 8 September 2024 mendatang.

Kepala Disparpora Kabupaten Bulukumba, Ferryawan Z Fahmi mengatakan, sebagai tahapan persiapan, baru-baru ini Disparpora melaksanakan rapat internal.

"Kami juga melaksanakan pertemuan dengan dinas Terkait termasuk Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan. Juga, bersama  Bupati untuk mematangkan konsep kegiatan Festival Pinisi," katanya, Selasa 23 Juli 2024.

Sebagai bentuk tindak lanjut, Disparpora dalam waktu dekat ini mengagendakan  rapat bersama beberapa OPD  supporting kegiatan ini.

"Untuk menyukseskan event pariwisata tersebut, kami juga tentu mengajak seluruh masyarakat  untuk memeriahkan dan menyukseskan kegiatan nantinya," jelasnya.

Ferryawan menambahkan, ada beberapa legiatan yang direncanakan  untuk menjadi rangkaian kegiatan Festival Pinisi.

" Kegiatan tersebut di antaranya, Senandung Kopi Kahaya, Pemilihan duta wisata, lomba- lomba fotografer, lomba mewarnai gambar perahu pinisi untuk anak SD, lomba membuat miniatur pinisi, Expo Ekraf dan UMK, Karnaval Budaya, Ritual adat Andingingi Kajang, Anyorong Lopi dan Malam Puncak Pestival Pinisi menampilkan beberapa kegiatan hiburan  dari artis lokal," tambahnya. 

Sekadar informasi, Festival Pinisi pertama kali diadakan pada Tahun 2010. Kala itu para pencetus Festival Pinisi ingin membuat sebuah acara rutin dalam rangka mengangkat nilai-nilai tradisi, budaya dan kearifan lokal yang ada di Kabupaten Bulukumba.

Seiring berjalannya waktu, Festival Pinisi semakin berkembang dalam gagasan dan wacana di setiap pelaksanaan event setiap tahunnya. (***)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi
  • Bagikan