Panwas Kelurahan dan Desa Dilatih Tatacara Pengawasan Tahapan Pemilihan

  • Bagikan
Pelatihan tatacara pengawasan tahapan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024. (FITRIANI SALWAR/RADAR SELATAN)

BULUKUMBA,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Kabupaten Bulukumba terus meningkatkan kualitas jajaran, setelah sebelumnya memberikan pelatihan di lima Kecamatan, kali ini Bawaslu Bulukumba kembali memberikan pelatihan tatacara pengawasan tahapan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024.

Pelatihan pengawasan tahapan pemilihan serentak tahun 2024 yang berlangsung di Hotel Agri Bulukumba Rabu, 24 Juli 2024 ini diikuti Panwas Kelurahan dan Desa dari 5 Kecamatan. Masing-masing Kecamatan Bontotiro, Herlang, Kajang, Rilau Ale dan Bulukumpa. Turut hadir menjadi narasumber pada kegiatan tersebut Fatmawati.

Ketua Bawaslu Bulukumba, Bakri Abubakar menyampaikan bahwa pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas pengawas pemilu, agar kerja pengawasan dilapangan dapat maksimal.

“Sebelumnya telah dilakukan kegiatan serupa untuk 5 kecamatan, kali ini kembali dilakukan untuk 5 Kecamatan lainnya, ini diperlukan bagi jajaran pengawas untuk memperkuat kapasitas pengawas dalam menjalankan tugas dan fungsinya, sehingga dapat mengawasai tahapan Pilkada secara profesional,” katanya, Rabu 24 Juli 2024.

Menurutnya, hari ini adalah batas pelaksanaan pencocokan dan penelitian data pemilih, semua hasil pengawasan yang didapatkan di lapangan harus di administrasikan dengan baik, karena ini akan menjadi bukti kerja-kerja pengawasan yang telah dilakukan.

"Fokus pelatihan ini, Panwas Kelurahan dan Desa dapat memetakan kerawanan masing-masing di wilayahnya, mendesain langkah pencegahan serta memaksimalkan pelaporan hasil pengawasan sesuai standar yang telah ditentukan," jelasnya.

"Melalui pelatihan ini diharapkan dapat menghasilkan pengawas pemilu yang profesioanl yang dapat bekerja sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan”, harapnya. (***)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi
  • Bagikan