Program JKN Dampingi Lisa Jalani Kehamilan Dengan Tenang

  • Bagikan
Lisa Tania (22) ungkapkan rasa bahagia dan antusias menanti kehadiran sang buah hati bersama program JKN, Jumat (31/05/2024).

BULUKUMBA,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID --Sebagai calon ibu, Lisa Tania (22) tentu saja merasa bahagia dan antusias menanti kehadiran sang buah hati. Ia pun menyadari betapa Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dapat memberikan rasa aman dan tenang menjalani setiap proses di masa kehamilannya.

“Sejak awal saya tahu saya hamil dan periksa kandungan di Puskesmas, alhamdulillah saya tidak pernah khawatir karena saya sudah terdaftar di BPJS Kesehatan sejak lama,” sebut Lisa kepada Jamkesnews, Jumat (31/05).

Sebagai ibu rumah tangga, Lisa mengaku bersyukur berkat Program JKN yang diusung BPJS Kesehatan dapat memberikan perlindungan finansial bagi dirinya dan keluarga. Ia menyebutkan bahwa jika tidak dijamin BPJS Kesehatan tentu biaya berobat sangat mahal harganya.

“Saya sangat bersyukur bisa dibantu oleh BPJS Kesehatan untuk membiayai seluruh pemeriksaan selama masa kehamilanku dan insyaallah untuk persalinanku nanti, saya tidak bisa bayangkan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan, kalau seandainya saya tidak menjadi peserta BPJS Kesehatan,” kata Lisa.

Terdaftar sebagai peserta JKN pada segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI), Lisa mengaku tidak pernah menemukan kendala yang berarti selama rutin memeriksakan kandungannya di Puskesmas Caile, Bulukumba setiap bulannya. Ia menyebutkan bahwa selama ini, ia diperlakukan dengan sangat baik oleh seluruh tenaga medis yang menanganinya.

“Saya selalu rutin periksakan kandunganku di Puskesmas Caile setiap bulannya dan alhamdulillah tidak pernah sekalipun saya dapat kendala, semuanya mudah dan lancar. Dokter dan perawatnya juga sangat ramah,” cerita Lisa.

Di kehamilan pertamanya ini, Lisa mengakui banyaknya manfaat layanan kesehatan yang bisa ia dapatkan agar dapat memastikan kesehatan diri dan janin yang dikandungnya. Selain itu, Lisa mengaku mudahnya memperoleh layanan kesehatan, cukup dengan menunjukkan kartu JKN miliknya, ia sudah bisa dilayani dengan baik.

“Sejak terdaftar BPJS Kesehatan banyak sekali manfaat yang bisa saya rasakan, apalagi ini kehamilanku yang pertama, saya tidak perlu lagi repot memikirkan banyak hal cukup datang ke puskesmas tunjukkan kartu JKN ke petugasnya dan menunggu sebentar sampai dipanggil kembali,” imbuhnya. 

Berkaca dari pengalaman sebelumnya ketika mendapatkan pelayanan yang baik selama pemeriksaan rutin kehamilannya di puskesmas, Lisa berpesan kepada seluruh ibu hamil untuk segera mendaftarkan diri menjadi peserta JKN agar dapat turut merasakan berbagai manfaatnya.

“Satu pesan saya kepada seluruh ibu hamil di luar sana agar sesegera mungkin untuk mendaftarkan dirinya menjadi peserta BPJS Kesehatan supaya bisa juga rasakan masa kehamilan tanpa khawatir biaya, apalagi kalau harus menjalani operasi sesar, karena tidak ada perbedaan layanan yang didapatkan dengan pasien umum,” jelas Lisa.

Ditemui di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Bulukumba, Lisa mengungkapkan bahwa ia mendampingi adiknya untuk melakukan perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertamanya (FKTP). Diakui Lisa, tidak hanya pelayanan di puskesmas yang memuaskan, pelayanan administrasi di kantor cabang juga patut diacungi jempol sebab alurnya yang jelas dan prosesnya yang cepat.

“Saya datang ke sini (Kantor BPJS Kesehatan Cabang Bulukumba-red) untuk ubah faskesnya adikku, sejak awal datang kami diarahkan sama petugas dan diberi nomor antrean, tidak perlu menunggu lama sampai antrean kami disebut, ternyata prosesnya juga cepat sekali,” sebut Lisa.

Pelayanan yang didapatkan Lisa menurutnya sudah baik. Apresiasi yang besar ia tunjukan kepada seluruh petugas berkat keramahan dan informasi yang diberikan jelas dan informatif. Lisa juga mengatakan bahwa pelayanan administrasi tidak sulit seperti yang dibayangkan. (***)

  • Bagikan