Coklit Data Pemilih Pilkada Rampung, KPU Bulukumba Apresiasi Kinerja Pantarlih

  • Bagikan
Komisioner KPU Bulukumba

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih untuk Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Bulukumba telah rampung. Komisioner KPU Bulukumba, Rakhmat Fajar, mengapresiasi kinerja seluruh petugas Coklit atau Pantarlih yang telah menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Fajar menjelaskan bahwa pelaksanaan Coklit dilakukan untuk menyusun daftar pemilih sekaligus mendapatkan data pemilih yang akurat dan mutakhir. Proses ini telah dimulai pada 24 Juni 2024 dan dinyatakan selesai pada 24 Juli 2024.

"Saya sampaikan terima kasih kepada 1,309 Pantarlih yang menunaikan tugasnya dengan baik dan memberikan dedikasi dalam melakukan pencocokan dan penelitian," ucap Fajar saat dikonfirmasi RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, Kamis, 25 Juli 2024.

Fajar juga berterima kasih kepada PPK, PPS, serta sekretariat yang telah melakukan koordinasi secara berjenjang dalam upaya menyukseskan Coklit.

"Termasuk kepada teman-teman pengawas yang telah mendampingi dan mengawal jalannya Coklit," tambahnya.

Setelah Coklit rampung, penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran akan dilakukan mulai 25 Juli hingga 31 Juli 2024.

"Prosesnya dimulai dengan daftar pemilih yang dicoklit, kemudian masuk ke DPHP (Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran, red). Selanjutnya, daftar ini akan menjadi DPS (Daftar Pemilih Sementara, red), lalu DPSHP (Daftar Pemilih Sementara Hasil Pemutakhiran, red), sebelum akhirnya ditetapkan sebagai DPT (Daftar Pemilih Tetap, red)," jelasnya. ****

  • Bagikan