Irigasi dan Infrastruktur Jalan Jadi Prioritas Desa Pemdes Kambuno

  • Bagikan
Musrenbang di Desa Kambuno, Kecamatan Bulukumpa. (FITRIANI SALWAR/RADAR SELATAN)

BULUKUMPA,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Desa Kambuno,  Kecamatan Bulukumpa, telah melaksanakan Musrembang. Kegiatan tersebut berlangsung pada Kamis 25 Juli 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Kambuno berlangsung dengan lancar, meski hujan turun deras itu tidak mengahalangi para undangan untuk hadir mengingat acara ini sangat penting.  Kegiatan tersebut  dihadiri oleh BPP Bulo-bulo, Kapolsesk Bulukumpa, PLD desa Kambuno, DLHK Bulukumba, Babinkambtibnas, Babinsa, BPD, Pemuda Kambuno dan usur lainnya.

Peserta Musrembang menekankan agar usulan pada Pra Musrembang lalu tanggal 03 Juli harus benar-benar dikawal. Hal yang sama juga disampaikan oleh kepala desa Kambuno .

“Semua usulan ini adalah prioritas, terutama jalan yang menghubungkan poros Ambo Jia dusun Barugae menuju desa Baruga Riattang, tapi perlu juga diketahui bahwa masih ada usulan lama tahun 2017 sekarang masih terus diusulkan, jadi kami terus melakukan pendekatan kepada pemangku kebijakan atau OPD terkait” kata Kades Kambuno, Syahrullah Syam.

Selain peningkatan pemberdayaan masyarakat usulan seperti irigasi dan ketahanan pangan menjadi bagian penting yang tidak boleh terlewatkan. Perintisan jalan Tani, Pembangunan jalan dan Drainase juga tidak ketinggalan.

Yang menarik dalam Musrembang tahun ini adalah usulan Kepala Dusun Mannyaha mengenai irigasi yang diganti dari tembok menjadi saluran perpipaan. Menurutnya perpipaan jauh lebih efektif daripada Pondasi.

“Kami melihat bahwa banyak irigasi tembok yang saat ini bocor dan sulit diperbaiki apalagi kalau irigasinya jauh dari jalan poros, tapi jika bahannya pipa tentu ini mudah dideteksi dan diperbaiki”. Ucap Abdul Razak Kepala Dusun Manyyaha. (ria/Has/B).

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi
  • Bagikan

Exit mobile version