Kerjasama PPK Bulukumpa, KPU Gelar Kegiatan Cafe Demokrasi

  • Bagikan
Kegiatan Cafe Demokrasi di Warkop Sembarang, Kecamatan Bulukumpa, Jumat 26 Juli 2024. (FITRIANI SALWAR/RADAR SELATAN)

BULUKUMBA,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulukumba bekerjasama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Bulukumpa, melaksanakan sosialisasi dan pendidikan  pemilih. Kegiatan yang berlangsung di Warkop Sembarang, Kelurahan Tanete, Kecamatan Bulukumpa pada Jumat 26 Juli 2024 ini dikemas dalam bentuk Cafe Demokrasi.

Kegiatan yang dihadiri oleh puluhan peserta yang terdiri dari tokoh masyarakat, kelompok perempuan, pemilih pemula, intansi pemerintahan, juga dihadiri oleh mahasiswa Unhas Makassar.

Ketua PPK Kecamatan Bulukumpa, Jahruddin menyampaikan bahwa cafe demokrasi  merupakan salah satu forum diskusi antara masyarakat dengan penyelenggara di Pilkada Bulukumba 2024.

Pada pelaksanaan kegiatan cafe demokrasi hadir sebagai narasumber, di antaranya  Komisioner KPU Bulukumba, Wamil Nur, Ketua Panwascam Bulukumpa Muhammad Jafar, Ketua HMI Cabang Bulukumba, Baso Riswandi. Turut hadir sebagai pembicara, Ahmad Arfah dari pemerhati pendidikan di Bulukumba.

Wamil Nur saat menyampaikan sambutan  menyampaikan bahwa  tantangan KPU Bulukumba yang berjalan saat ini, yaitu memastikan seluruh hak pilih dapat menyalurkan hak pilihnya.


"Warga negara ini tidak boleh hilang hak pilihnya. Karena itu telab diatur oleh undang-undang," jelasnya.

Olehnya lanjut Wamil, pelaksanaan cafe demokrasi ini sebagai wadah informasi ke masyarakat jika Pilkada Serentak 2024 dilaksanakan pada 27 November 2024.

"Ini lah pentingnya melibatkan tokoh masyarakat, tokoh pemuda untuk membantu kita terkait informasi pelaksanaan Pilkada Bulukumba 2024," tambahnya.

Sekadar informasi  tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 mencapai 75 persen lebih. Diharapkan pada Pilkada 2024 ini  partisipasi masyarakat dapat meningkat. (ria/has/B)

  • Bagikan