62 Mahasiswa Fakultas Sains UMB Ikuti PKL

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Universitas Muhammadiyah Bulukumba (UMB) melepas secara resmi mahasiswa Fakultas Sains untuk mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) tahun akademik 2024/2025 dengan jumlah sebanyak 62 mahasiswa, Senin, 29 Juli 2024.

Adapun rincian jumlah mahasiswa tersebut berasal dari tiga Program Studi yakni Ilmu Aktuaria sebanyak 30 orang, Peternakan 26 orang dan Kimia enam orang dengan jadwal pelaksanaan PKL selama 45 hari mulai Senin 29 Juli hingga awal September 2024.

Pelepasan mahasiswa PKL UMB, di Auditorium Kampus II.

Ketua Prodi Kimia UMB, Syahdam Karneng menjelaskan tujuan diselenggarakannya PKL ini untuk mengaplikasikan ilmu atau teori yang diperoleh mahasiswa dalam perkuliahan, mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi tenaga praktisiyang kreatif, terampil, kompeten, dan jujur dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab 

"Selain itu, untuk memperkenalkan lingkungan kerja yang sesungguhnya, sehingga pada akhirnya lulusan mahasiswa dapat bekerja secara optimal dan profesional," ungkapnya.

Ketua Prodi Kimia UMB saat berpose bersama dengan para mahasiswa yang akan melaksanakan PKL.

Lebih lanjut beliau menyebutkan masing-masing lokasi PKL mahasiswa untuk Prodi Aktuaria di PT Bank SULSELBAR cabang utama Bantaeng, Kantor pelayanan pajak pratama Bulukumba, PT Bank Negara Indonesia (Persero) TBK. Cabang utama Bulukumba, PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) TBK. Kantor cabang pembantu Bulukumba, PT Bank Sulselbar cabang utama Bulukumba, PT. Pengadaan syariah cabang Bulukumba dan PT. Cabang syariah indonesia (BSI) Cabang Bulukumba

Prodi Peternakan di UPT Pelayanan Inseminasi Buatan dan Produksi Semen Beku, PT. Satwa Indo Perkasa, Lab Pangan UPT pengujian mutu produk peternakan (PMPP), PT Ciomas poultry procesing. Sementara untuk Prodi Kimia Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup Bantaeng

"Untuk mahasiswa Prodi Kimia, selama PKL, mahasiswa akan melakukan berbagai kegiatan laboratorium yang berkaitan dengan analisis lingkungan dan pengelolaan limbah. Selain itu, mereka juga berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan para profesional di bidang lingkungan, mendapatkan wawasan baru mengenai standar dan prosedur pengujian, serta berkontribusi pada proyek-proyek yang sedang berjalan di Dinas Lingkungan Hidup Bantaeng," ujarnya.

Pihaknya berharap PKL ini dapat memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa serta meningkatkan keterampilan praktis mereka dalam bidang kimia dan lingkungan. (sum/has/B)

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan