Berdayakan 50 Pekerja, Proyek Lanjutan Pantai Merpati Ditarget Rampung 170 Hari

  • Bagikan
Pengerjaan pondasi proyek lanjutan Pantai Merpati, Rabu, 31 Juli 2024

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Lanjutan proyek penataan Pantai Merpati Bulukumba mulai dikerjakan, dengan rencana memberdayakan hingga 50 orang pekerja. Proyek tersebut ditargetkan rampung dalam 170 hari kerja terhitung sejak 15 Juli 2024.

Sit Manager Proyek Pantai Merpati, H. Rahman Yamin Nugie, mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya telah memulai pengerjaan pondasi.

"Saat ini masih tahap pengerjaan pondasi di zona H untuk area parkir. Area zona A untuk pengerjaan pondasi juga akan segera dilaksanakan," ungkap Nugie kepada RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, Rabu, 31 Juli 2024.

Ia menambahkan bahwa pengerjaan di beberapa zona lainnya juga akan segera dimulai. Saat ini, proyek telah mempekerjakan 30 pekerja, dan jumlah ini akan ditingkatkan hingga maksimal 50 pekerja seiring dengan perkembangan tahapan pekerjaan.

"Dalam dua atau tiga hari ke depan, jumlah pekerja akan segera ditambah maksimal hingga 50 orang untuk percepatan pengerjaan. Ada beberapa titik lokasi kerja yang perlu diselesaikan," jelas Nugie.

Nugie optimis pihaknya dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai target yang telah ditetapkan dalam kontrak. "Target pekerjaan 170 hari kerja, terhitung sejak tanggal 15 juli 2024," urainya.

Proyek pembangunan tahap ketiga Pantai Merpati Bulukumba ini menggunakan alokasi anggaran dari APBD Kabupaten Bulukumba sebesar hampir 14 miliar rupiah.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Perkimtan) Bulukumba, Munthasir Nawir, mengonfirmasi bahwa rekanan proyek ini adalah CV. Zahra Utama Construksi.

Untuk tahun 2024, anggaran penataan Pantai Merpati tahap ketiga mencapai Rp. 13,978,193,865, lebih besar dibandingkan anggaran tahap awal pada 2022 sebesar 9 miliar rupiah dan tahap kedua pada 2023 yang sebesar 2 miliar rupiah.

Penataan tahap ketiga ini mencakup pembangunan panggung, penataan taman, penambahan lapak jualan, pembangunan lahan parkir, serta fasilitas tambahan seperti pengeras suara, wifi gratis, dan CCTV.

Menurut Munthasir, penataan Pantai Merpati merupakan salah satu proyek strategis Pemerintah Kabupaten Bulukumba di bawah kepemimpinan Muchtar Ali Yusuf dan Andi Edy Manaf.

"Pembangunan Pantai Merpati ini merupakan upaya pemerintah untuk memberdayakan pelaku UMKM serta menyediakan ruang publik yang representatif bagi masyarakat," jelas Munthasir.

Ia juga meminta doa, dukungan, dan partisipasi masyarakat Bulukumba dalam proses realisasi proyek ini.

"Yang paling kita harapkan adalah partisipasi aktif masyarakat dalam mengawasi proses pengerjaan. Apabila ada hal yang tidak beres, langsung saja laporkan ke kami (Dinas Perkimtan Bulukumba)," tambahnya.****

  • Bagikan

Exit mobile version