Kejuaraan Tarkam Bulukumba 2024 Resmi Dibuka

  • Bagikan
pembukaan kejuaraan Tarkam. (FITRIANI SALWAR/RADAR SELATAN)

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kabupaten Bulukumba, sebagai salah satu  daerah yang ditunjuk oleh Kemenpora RI untuk menjadi lokasi pelaksanaan Kejuaraan Tarkam (antar kampung) tahun 2024, maka kejuraan tersebut resmi dibuka, Rabu, 31 Juli 2024.

Pada pembukaan kejuaraan tersebut diawali dengan kegiatan Fun Run 5 kilometer yang diikuti para pelajar dan masyarakat umum, serta lomba senam bugar yang diikuti oleh OPD dan puskesmas.

Kepala Bidang Keolahragaan Disparpora  Bulukumba, Umar menyampaikan bahwa

penyelenggaraan Kejuaraan Tarkam dilaksanakan untuk memassalkan olahraga sebagai upaya mengembangkan kesadaran masyarakat dalam meningkatkan

kesehatan, kebugaran, kegembiraan, dan hubungan sosial. Pembinaan

dan pengembangan dilaksanakan oleh pemerintah, pemerintah

daerah, atau masyarakat dengan membangun dan memanfaatkan potensi sumber daya, prasarana dan sarana olahraga masyarakat.

"Penyelenggaraan Kejuaraan Tarkam  dilaksanakan sebagai upaya menumbuhkembangkan klub-klub dan mengaktifkan perkumpulan olahraga di tengah masyarakat, serta menyelenggarakan festival olahraga masyarakat pada tingkat daerah, nasional, dan internasional," katanya saat menyampaikan laporan panitia.

Disparpora Bulukumba melaksanakan Kejuaraan Tarkam se-Kabupaten Bulukumba tahun 2024 dengan berkolaborasi Kemenpora RI, dengan tujuan tercapainya tujuan penyelenggaraan olahraga masyarakat

melalui peningkatan kebugaran dan kesehatan masyarakat dan relasi sosial.

"Meningkatnya partisipasi masyarakat dalam mengakses olahraga masyarakat yang mudah, murah, menarik, manfaat,

dan massal (5M), dan berkembangnya industri olahraga yang termasuk didalamnya yaitu: wisata olahraga, penyediaan prasarana dan sarana olahraga, produk penunjang kegiatan olahraga, UMKM, serta meningkatkan partisipasi berolahraga dan indeks kebugaran masyarakat," jelasnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Bulukumba, Muhamammad Ali Saleng mengapresiasi Kemenpora atas amanah yang diberikan kepada Kabupaten Bulukumba untuk menyelenggarakan Kejuaraan  Tarkam.

"Pemda Bulukumba punya komitmen kuat untuk membangun, membina kegiatan dibidang olahraga, olehnya itu setiap tahun kami alokasikan dana hibah untuk Koni   dalam kegiatan pembinaan olahraga. Bahkan Untuk menunjang kegiatan di bidang olahragga dilakukan  pembangunan fasilitas olahraga, seperti pembenahan stadion, dan juga pantai merpati sebagai salah satu spot olahraga," tambahnya.

Sekadar informasi, pembukaan Kejuaraan Tarkam yang berlangsung di Lapangan Pemuda ini dihadiri jajaran Disparpora, OPD, pihak Kodim, Kepolisian, TP-PKK, Dharmawanita, serta koordinator Kejuaraan Tarkam Sulsel yang merupakan pejabat Kemenpora. (ria/has/B)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan