Topanda Posisi Pertama Cakupan PIN Polio

  • Bagikan
Foto bersama usai pelaksanaan PIN di TK Melati. (FITRIANI SALWAR/RADAR SELATAN).

RILAU ALE, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Desa Topanda, Kecamatan Rilau Ale berhasil berada di urutan pertama capaian cakupan PIN (Pekan Imunisasi Nasional) Polio tingkat Kecamatan Rilau Ale.

Berdasarkan data cakupan PIN Polio putaran I per desa wilayah kerja Blud dari UPT Puskesmas Bontobangun, persentase cakupan PIN Polio dosis I Topanda berada di urutan pertama sebesar 98,90 persen.

"Dari 15 desa dan kelurahan di Rilau Ale, Desa Topanda yang capaiannya paling tinggi 98,90 persen dari jumlah sasaran 91 orang," kata Kasi Pemdes Topanda, Muhammad Sabir, Selasa, 30 Juli 2024.

Menurutnya, pada pelaksanaan PIN Polio di Desa Topanda, Pemdes Topanda bersama stakeholder lainnya melakukan pendampingan langsung terhadap petugas kesehatan.

"Jadi sebelum pelaksanaan PIN, jauh-jauh hari kami telah menginformasikan kepada kader posyandu untuk memastikan sasarannya divaksin Polio," jelasnya.

Sabir menambahkan, ada beberapa lokasi pelaksanaan vaksinasi polio di Desa Topanda di antaranya Mis Talle-talle gabung dengan TK Bunda Pertiwi, SD 279 Talle-talle.

"TK An-Nur Gabung dengan Posyandu Seruni 1 dan Seruni 3, kemudian TK Melati gabung dengan Posyandu Seruni 2," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Topanda, Andi Jemma menyampaikan bahwa sebelum pelaksanaan vaksinasi, maka pemerintah desa mengintruksikan kepada seluruh kader untuk mengumumkan pelaksanaan vaksinasi polio.

"Informasinya tersampaikan kepada masyarakat, ini terbukti dengan capaian yang cukup tinggi. 99 persen sasaran datang," tutupnya.(ria/has/B)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan

Exit mobile version