Diajak Sukseskan Pilkada, HMI Bulukumba: Yang Jelas Polisi Juga Netral

  • Bagikan
Kegiatan FGD antara Polres Bulukumba dengan aktivis HMI Bulukumba soal Keamanan Pilkada Bulukumba, Jumat sore, 2 Agustus 2024.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kapolres Bulukumba, AKBP Andi Erma Suryono, mengajak pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Bulukumba untuk menyukseskan pemilihan serentak di Kabupaten Bulukumba. Itu disampaikan pada kegiatan silaturrahmi yang digelar di salah satu warung kopi di wilayah kota Kabupaten Bulukumba, Jumat sore, 2 Agustus 2024.

Selain silaturahmi, kegiatan ini juga dirangkai dengan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka menyukseskan Pilkada Serentak 2024 yang aman, damai, dan sejuk di Kabupaten Bulukumba.

FGD tersebut dihadiri oleh Sekretaris HMI Rahmat Lala, Bendahara HMI Nasar, Isranda Lattol, serta sekitar 20 kader HMI Cabang Bulukumba.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres AKBP Andi Erma Suryono menyampaikan pesan Kamtibmas menjelang pelaksanaan Pilkada tahun 2024 di Kabupaten Bulukumba. Ia mengajak semua elemen untuk turut andil menciptakan Pilkada yang aman, damai, dan sejuk.

"Mohon dukungannya agar turut membantu kami dalam memberikan imbauan dan pesan-pesan politik yang damai dan menyejukkan di masyarakat. Bulukumba ini milik kita semua, sehingga keamanan daerah kita adalah tanggung jawab bersama," ujar AKBP Andi Erma.

Kapolres menegaskan bahwa perbedaan adalah hukum Tuhan yang telah ditetapkan dan membawa keindahan serta kedamaian. Dalam konteks kehidupan kebangsaan, Indonesia sangat heterogen, baik dari segi agama, suku, budaya, adat istiadat, dan lain sebagainya.

"Perbedaan semangat kebangsaan ini dibingkai dalam Pancasila sebagai ideologi negara. Pada prinsipnya, bagaimanapun perbedaannya, kita semua bersaudara," ujar AKBP Andi Erma.

Ia menambahkan bahwa dalam pesta demokrasi, perbedaan pandangan dan pilihan politik akan selalu ada. Oleh karena itu, perbedaan tersebut jangan dijadikan sumber perpecahan di antara warga, baik sebelum, selama, maupun setelah Pilkada.

"Mari tetap jaga kerukunan dan kesatuan antarwarga dan mari sukseskan Pilkada tahun 2024," kata AKBP Andi Erma Suryono.

Kapolres mengajak pengurus HMI untuk bersinergi bersama kepolisian, pemerintah daerah, penyelenggara Pilkada, serta pihak terkait dalam menciptakan Bulukumba yang aman, damai, dan sejuk, sehingga proses Pilkada berjalan sukses dan kondusif.

"Mohon kerjasama, bantuan, serta dukungan dari adik-adik semua untuk bersama menjaga stabilitas keamanan di Bulukumba," pungkas Kapolres.

Sementara itu, Sekretaris HMI Bulukumba, Rahmat Lala, menyambut dengan baik ajakan dari Kapolres Bulukumba. Menurutnya, keamanan dan ketertiban dalam pesta demokrasi memang merupakan tanggung jawab bersama.

"Tentu sudah menjadi tanggung jawab kita bersama menjaga situasi keamanan dan ketertiban di Kabupaten Bulukumba, utamanya dalam penyelenggaraan pesta demokrasi," ujarnya.

Kendati demikian, Rahmat yang juga adalah Kepala Desa (Kades) termuda di Kabupaten Bulukumba itu menekankan soal netralitas Polri dan TNI pada Pilkada Bulukumba.

Menurutnya, Pilkada akan sukses terselenggara apabila Polri dan TNI dapat bekerja secara profesional dan mengedepankan netralitasnya.****

  • Bagikan