Soal Keamanan Pilkada, Kapolres Bulukumba Minta Dukungan Jurnalis

  • Bagikan
Kapolres Bulukumba AKPB Andi Erma Suryono (kanan) berjabat tangan dengan Jurnalis Radar Selatan pada kegiatan silaturrahmi yang digelar di salah satu warung kopi di wilayah kota Kabupaten Bulukumba, Jumat pagi, 2 Agustus 2024.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kapolres Bulukumba AKBP Andi Erma Suryono mengajak para jurnalis untuk memproduksi karya jurnalistik yang menyejukkan menjelang pemilihan serentak tahun 2024 mendatang. Ia menyebut, media merupakan mitra strategis kepolisian dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Mohon dukungan dari rekan-rekan semua untuk sama-sama menjaga keamanan di Pilkada ini, khususnya dalam menyampaikan informasi positif kepada masyarakat," ungkap AKBP Andi Erma Suryono saat silaturahmi dengan awak media di Warkop A5, Kelurahan Caile, Kecamatan Ujungbulu, Kabupaten Bulukumba, Jumat, 2 Agustus 2024.

Silaturahmi ini dirangkai dalam Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Menyukseskan Pilkada Serentak 2024 yang Aman, Damai & Sejuk dalam Wilayah Kabupaten Bulukumba."

Andi Erma Suryono menegaskan komitmennya untuk memperketat pengamanan menjelang pelaksanaan Pilkada serentak di Bulukumba. Ia meminta dukungan dan sinergi dari seluruh pihak untuk bersama-sama menjaga keamanan dan kedamaian.

"Tugas utama dari Polri adalah menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Alhamdulillah Bulukumba ini termasuk daerah yang aman. Tapi di momen-momen tertentu seperti Pilkada, situasinya akan berbeda. Potensi gesekan lebih besar dibanding sebelum-sebelumnya," ungkap Andi Erma Suryono.

Kapolres juga menyinggung potensi konflik di era globalisasi dan digitalisasi saat ini, di mana tidak ada lagi batas-batas komunikasi antara satu pihak dengan pihak lainnya. Menurutnya, platform media sosial harus dimanfaatkan secara positif.

"Yang terutama tetap menjaga kedamaian di lalu lintas media sosial. Di sini juga ada potensi konflik. Mari sama-sama jaga kedamaian, jangan ada provokasi. Kami tetap membuka ruang untuk saran dan masukan dari rekan-rekan semua," jelasnya.

Salah satu jurnalis yang hadir, Saiful Hasbi, menyampaikan apresiasi atas komitmen Polres Bulukumba untuk menjaga keamanan dan kedamaian di Pilkada mendatang. Ia menuturkan, Polres Bulukumba sudah teruji dalam mengamankan momen-momen besar.

"Kita bisa lihat bersama saat kunjungan Presiden RI Bapak Jokowi di Bulukumba belum lama ini. Bahkan 01 RI menginap di Bulukumba, alhamdulillah semua berjalan dengan aman. Ini menurut saya bukan hal kecil dan patut untuk diapresiasi," katanya.

Meski begitu, Saiful menekankan pentingnya antisipasi bersama. Bukan hanya Polres Bulukumba saja, tetapi semua pihak harus berkomitmen untuk menjaga keamanan dan kedamaian tersebut.

Jurnalis lainnya, Rahmatullah, berharap agar akses informasi mengenai kejadian-kejadian di Pilkada Bulukumba 2024, yang berkaitan dengan pengamanan, bisa lebih terbuka. Polres Bulukumba dan jajarannya diharapkan mampu lebih massif dalam memberikan informasi pengamanan Pilkada.

"Terutama di jajaran Polsek di Bulukumba untuk intens dan responsif saat dilakukan konfirmasi informasi," urainya.

"Di media sosial, saya berharap juga Polres Bulukumba intens melakukan sosialisasi edukatif tentang pentingnya menjaga netralitas Polri dan edukasi tentang gangguan kamtibmas selama proses Pilkada," sambungnya.

Kedatangan Kapolres Bulukumba didampingi oleh Kabag Ops Polres Bulukumba AKP Andi Huseng, Kasat Intelkam Polres Bulukumba Iptu M. Muliadi, dan Kasi Humas Polres Bulukumba AKP H. Marala. Selain itu, sejumlah personel Polres Bulukumba juga hadir dalam acara tersebut. ****

  • Bagikan